Merdeka Politik News Feed
Updated: Mon, 27 May 2013 01:47:57 GMT | By Merdeka Politik News Feed

Survei CSIS: Jokowi capres terkuat, ungguli Prabowo dan Ical



Berita Satu


MERDEKA.COM, Hasil survei Center for Strategic and International Studies (CSIS) menempatkan Gubernur DKI Jakarta Joko "Jokowi" Widodo di peringkat pertama sebagai tokoh calon presiden (capres) alternatif.


"Pada dasarnya (hasil) ini bukan soal 'fenomena Jokowi' semata, melainkan bahwa masyarakat Indonesia benar-benar mengharapkan calon pemimpin alternatif, yaitu Jokowi atau calon alternatif lain," kata peneliti CSIS Philip Jurius Vermonte di Jakarta, Minggu.


Sejumlah nama tokoh capres yang disebutkan oleh 1.635 responden antara lain Jokowi (28,6 persen), Prabowo Subianto (15,6 persen), Aburizal Bakrie (7 persen), Megawati (5,4 persen) dan Jusuf Kalla (3,7 persen).


Sementara itu, pengamat politik sekaligus peneliti senior CSIS J Kristiadi mengatakan kemunculan Jokowi bertepatan dengan momentum pencarian tokoh capres alternatif, terlepas dari opini bahwa mantan wali kota Solo itu baru menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta.


Lebih dari separuh responden (53,9 persen) menyatakan setuju jika Jokowi maju sebagai kandidat capres meskipun masih menjabat sebagai Gubernur.


"Kesulitan Jokowi untuk mendapatkan dukungan partai masih dipersoalkan, tetapi kalau tingkat elektabilitasnya mencapai 50 persen pasti dia akan diperebutkan oleh partai-partai," kata Kristiadi.


Namun demikian, Kristiadi berharap nama-nama tokoh alternatif lain juga dapat muncul sebagai capres, sehingga Jokowi tidak selalu disandingkan dengan tokoh-tokoh lama seperti dalam hasil survei itu.


"Salah satu hal yang bisa menjadikan Pemilu 2014 menjadi titik terang dan memberikan harapan adalah dengan mengeksploitasi nama-nama selain yang sudah pernah muncul," katanya.


Oleh karena itu, politik pemberitaan mengenai tokoh capres alternatif menjadi penting karena masyarakat dapat diberikan beberapa pilihan baru sebagai capres.


Hasil survei yang dilakukan 9-16 April itu menunjukkan nama Jokowi menjadi tokoh alternatif yang langsung muncul di benak para responden (top of mind) tanpa disodori daftar pilihan nama tokoh.


Temuan tersebut diperoleh dari wawancara terhadap responden di 31 provinsi di Tanah Air, yang dilakukan secara acak bertingkat, mulai dari tingkat kelurahan, RT hingga kepala keluarga.


Sumber: Merdeka.com


7Komentar
27 Mei, 2013 04:56
avatar
jika betul Joko wi akan maju jadi presiden ini merupakan langkah maju Indonesia dalam demokrasi.. maju terus Pak JOKO WI !
27 Mei, 2013 10:04
avatar
Rakyat ingin perubahan... Ketika Alm Gus Dur menjadi presiden, rakyat sempat memiliki secercah pengharapan. Namun beliau dijatuhkan oleh WAKIL2 rakyat. Sekarang rakyat sudah jemu melihat para WAKIL2nya itu. Suara rakyat menghendaki Jokowi. Suara rakyat adalah suara Tuhan. Jokowi harus diberi kesempatan untuk masuk....
27 Mei, 2013 11:34
avatar
bener semua setuju Jokowi Calon Presiden berikutnya, WAKIL2 rakyat tidak pernah sejalan ataupun mengutamakan suara rakyat,Pak Jokowi maju terus.
28 Mei, 2013 14:19
avatar
Sepertinya Gubernur Jakarta ini patut di berikan kesempatan, di bandingkan dengan beberapa tokoh yg mw mengajukan diri sepertinya bapak satu ini layak di pandang lebih bersih dan mempunya integritas yang jelas.. dan saya yakin klo Jokowi maju jd capres, para golput akan berubah pikiran dan ikut meramaikan pemilu untuk memenangkan Jokowi... walaupun dia akan jd bulan2nan di DPR karena para tokoh politik akan gerah dengan tindak tanduknya...
28 Mei, 2013 00:09
avatar
Alhamdulillah..akhirnya akan lahir juga juru selamat.....
28 Mei, 2013 16:43
avatar
MUDAH2AN KAU MENJADI PENGGANTI PRESIDEN YANG BAIK,JUJUR,TEGAS,POKONYA ITULAH...
Laporkan
Bantu kami untuk menjaga lingkungan yang stabil dan sehat dengan melaporkan segala jenis kegiatan ilegal dan tidak sesuai. Jika Anda merasa ada pesan yang melanggarAturan dasarharap isi formulir ini untuk memberitahu moderator. Moderator akan memeriksa laporan Anda dan mengambil tindakan yang dianggap perlu. Jika diperlukan, segala tindakan ilegal akan dilaporkan kepada pihak berwajib.
Kategori
Batas karakter 100
Anda yakin hendak menghapus komentar ini?

poling berita

Yakinkah Anda, politik uang pada Pilpres 2014 kali ini makin marak?

Thanks for being one of the first people to vote. Results will be available soon. Check for results

  1. 75 %
    Yakin
    5.014 respon
  2.  
    18 %
    Tidak yakin
    1.201 respon
  3.  
    7 %
    Tidak tahu
    439 respon

Total Respon: 6.654
Hasil ini tidak ilmiah. Hasil akan diperbarui tiap menit

video berita

lainnya...
PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft