Merdeka Transportasi News Feed
Updated: Mon, 03 Dec 2012 13:47:18 GMT | By Merdeka Transportasi News Feed

Sistem pelat genap-ganjil diterapkan di jalur 3 in 1



Berita Satu

MERDEKA.COM, Sistem pelat kendaraan genap-ganjil yang akan diterapkan di Jakarta masih terus digodok oleh Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya dan sejumlah instansi terkait. Wakil Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya AKBP Wahyono mengatakan, lokasi pemberlakuan sistem itu awalnya akan dilakukan di jalur 3 in 1.

"Mungkin pemberlakuannya itu bisa dari jalur 3 in 1 atau juga yang sudah ada jalur bus Transjakarta," kata Wahyono saat dihubungi, Kamis (29/11)

Wahyono mengatakan, salah satu faktor yang menjadi pertimbangan ialah penambahan moda transportasi jika sistem genap-ganjil diberlakukan.

"Jadi kalau diberi batasan kendaraan yang dipakai, mau tidak mau kan harus disediakan moda transportasi lain bagi pengendara yang tidak menggunakan kendaraan pribadi," katanya.

"Untuk rambu-rambu penanda, jumlah personel yang menjaga dan waktu pemberlakuan apakah tiap hari atau hanya seminggu sekali, itu semua masih terus dirapatkan," tambahnya.

Untuk sanksi ialah berupa tilang bagi pengendara yang melanggar. Intinya, lanjut Wahyono, pihaknya hanya ingin membuat suatu sistem yang dapat mengurangi angka kemacetan yang kerap terjadi di Jakarta.

Seperti diberitakan sebelumnya, sistem genap ganjil rencananya akan disosialisasikan Januari tahun 2013. Ketentuan dalam sistem genap ganjil ini yakni, setiap hari pelat mobil yang digunakan harus selalu berbeda angka digitnya, misalnya hari senin digit genap kemudian Selasa digit ganjil begitu seterusnya.

"Penentuan genap dan ganjilnya ditentukan dari dua angka paling belakang plat. Misal pelat mobil saya B 12-VII, berarti genap. Atau misal B 2533 SFA, nah itu berarti ganjil karena dua angka di belakangnya 33," ujar Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Dwi Sigit Nurmantyas.

Sumber: Merdeka.com

0Komentar

poling berita

Setujukah Anda terhadap sikap pemerintah yang melegalkan aborsi?

Thanks for being one of the first people to vote. Results will be available soon. Check for results

  1.  
    18 %
    Setuju
    801 respon
  2. 78 %
    Tidak setuju
    3.415 respon
  3.  
    4 %
    Tidak tahu
    176 respon

Total Respon: 4.392
Hasil ini tidak ilmiah. Hasil akan diperbarui tiap menit

video berita

lainnya...

berita internasional

PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft