Merdeka Politik News Feed
Updated: Fri, 26 Apr 2013 15:53:24 GMT | By Merdeka Politik News Feed

Pileg 2014, dinasti Atut dan Jayabaya tarung di Banten



Berita Satu


MERDEKA.COM,


Perang dinasti pejabat di Banten sepertinya bakal terjadi dalam pemilihan legislatif (pileg) 2014 ini. Sejumlah nama calon legislatif (caleg) berasal dari dua dinasti keluarga pejabat Banten sudah masuk dalam daftar calon sementara (DCS) untuk tiga daerah pemilihan (dapil) Provinsi Banten.


Dua dinasti paling menonjol yakni keluarga Gubernur Banten Atut Chosiyah dan keluarga Bupati Lebak, Mulyadi Jayabaya. Anak-anak dua pejabat itu akan saling bertarung dalam pileg 2014 untuk merebutkan jatah kursi DPR RI ke Senayan.


Dinasti Atut memang lebih besar dibanding Jayabaya. Atut seperti mencengkeram kekuatan pemerintahan di Banten. Lihat saja dalam pemilu 2014 nanti. Dua anak dan menantu Ratu Atut sama-sama terdaftar sebagai caleg sementara, baik DPRD maupun DPR RI.


Ketua Pokja Verifikasi Parpol KPU Banten, Agus Supriyatna mengatakan, anak perempuan Ratu Atut, Andiara Aprilia Hikmat sudah mendaftar ke KPU, Banten. "Kalau suaminya di dapil Banten 2 soalnya. Kalau putrinya daftar menjadi bakal calon DPD RI ke KPU," kata dia.


Dalam DCS caleg yang disetor partai ke KPU, anak pertama Atut, Andhika Hazrumy, yang berstatus sebagai anggota DPD, kini mencalonkan diri menjadi anggota DPR dari Partai Golkar. Dia terdaftar dengan nomor urut 1 di daerah pemilihan Banten 1 (Lebak - Pandeglang).


Sementara adiknya, Andiara Aprilia Hikmat menjadi calon DPD urutan ke-9. Sedangkan Istri Andhika Hazrumy, Adde Rosi Khoerunnisa, yang saat ini menjabat sebagai wakil ketua DPRD Kota, terdaftar sebagai caleg nomor urut 1 dari Golkar untuk DPRD Provinsi Banten dari Daerah Pemilihan Banten 1 (Kota Serang).


Adapun suami Andiara Aprilia Hikmat, Tanto Warbono Arban, tercatat sebagai caleg untuk DPRD Provinsi Banten di dapil Kota Tangsel. Semua anak dan menantu Atut mendapat nomor urut 1 di Partai Golkar.


Sementara suami Atut, Hikmat Tomet, kembali mencalonkan diri ke DPR dengan nomor urut 1 di dapil Banten 2 (Kabupaten Serang, Kota Serang, dan Kota Cilegon). Ketua Partai Golkar Banten ini merupakan anggota DPR dari Komisi V DPR.


Sementara keluarga Bupati Lebak Mulyadi Jayabaya, tercatat hanya mencalonkan dua anaknya; Iti Oktaviani Jayabaya dan M. Hasbi Assidiqi Jayabaya. Hasbi mencalonkan diri sebagai anggota DPR dari Partai PDIP di dapil 1 dengan nomor urut 2.


Sedangkan kakanya, Iti Oktaviani yang saat ini menjabat sebagai anggota DPR dari partai Demokrat, memilih untuk mencalonkan diri sebagai Bupati Lebak tahun 2013 ini. Namun nama Iti Oktaviania juga tercatat menjadi caleg lewat Demokrat di dapil 1 dengan nomor urut 1.


Bila keluarga dua dinasti ini lolos verifikasi hingga masuk dalam daftar calon tetap (DCT), head to head pertarungan bakal terjadi di dapil Banten 1. Sebab di sana ada anak pertama Atut, Andhika Hazrumy dari partai Golkar dan dua anak Jayabaya, Hasbi lewat PDIP dan Oktaviani lewat Demokrat.


Para caleg di dapil Banten 1 bakal memperebutkan 7 kursi. Selain caleg dari keluarga Atut dan Jayabaya, tentu ada nama tokoh lain yang juga kenyang pengalaman. Misalnya Ratu Siti Romlah yang saat ini menjabat anggota Komisi VIII DPR dan beberapa nama lain.


Lalu menurut anda, siapa tersingkir dalam duel nanti?


Sumber: Merdeka.com


0Komentar

poling berita

Yakinkah Anda, politik uang pada Pilpres 2014 kali ini makin marak?

Thanks for being one of the first people to vote. Results will be available soon. Check for results

  1. 75 %
    Yakin
    5.217 respon
  2.  
    18 %
    Tidak yakin
    1.256 respon
  3.  
    7 %
    Tidak tahu
    459 respon

Total Respon: 6.932
Hasil ini tidak ilmiah. Hasil akan diperbarui tiap menit

video berita

lainnya...
PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft