Merdeka Publik News Feed
Updated: Sat, 01 Jun 2013 02:30:00 GMT | By Merdeka Publik News Feed

Percepat pengerukan di Waduk Pluit, Jokowi sewa 20 eskavator



Berita Satu

MERDEKA.COM,

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta terus berupaya mempercepat proses pengerukan dan normalisasi Waduk Pluit. Untuk melakukannya, Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) akan menambah jumlah eskavator sebagai alat keruk pada bulan mendatang.

"Juni nanti akan ditambah 15 sampai 20 eskavator di Waduk Pluit sehingga bisa dipercepat. Bisa awal, pertengahan, atau akhir bulan. Ini kejar-kejaran. Yang 15-20 itu sewa. Nanti kita beli eskavator amfibi juga," jelas Jokowi saat meninjau di Waduk Pluit, Jakarta, Jumat (31/5).

Menurut Jokowi, eskavator yang saat ini hanya berjumlah 10 unit dan itu dirasa kurang. "Ini kan butuh banyak eskavator," terangnya.

Untuk Waduk Pluit, Jokowi menambahkan, semuanya akan dikeruk dan dinormalisasi total. Namun, hal ini menunggu warga yang menempati Waduk Pluit direlokasi ke rumah susun yang telah disediakan oleh Pemprov DKI Jakarta.

"Nanti semuanya, muter dikeruk semuanya. Kita menghormati warga nanti nunggu rusun. Nanti di sini (waduk Pluit) diubah semuanya. Nanti kalau sudah jadi kalau masyarakat sudah mendapatkan rusun. Nanti lingkungannya juga menjadi baik, kotanya juga untuk limpahan air bisa tertampung di waduk ini," jelas Jokowi.

Kemudian, Waduk Pluit ini rencananya juga akan dibangun Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) yang berada tepat di tengah-tengah waduk. Untuk sebelah bibir waduk, akan dibangun Ruang Terbuka Hijau (RTH).

"Karena Jantung air Jakarta ada di sini. Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) nanti di bangun di sini. Juga akan dibangun jalan untuk mobil atau jalan rekreasi. Di pinggir waduk nanti ada papan untuk jogging. Bantaran Timur juga inspeksi nanti. Tapi sekali lagi kita hargai warga, tunggu rusun selesai," tandasnya.

Sumber: Merdeka.com

0Komentar

poling berita

Setujukah Anda terhadap sikap pemerintah yang melegalkan aborsi?

Thanks for being one of the first people to vote. Results will be available soon. Check for results

  1.  
    19 %
    Setuju
    380 respon
  2. 78 %
    Tidak setuju
    1.521 respon
  3.  
    3 %
    Tidak tahu
    65 respon

Total Respon: 1.966
Hasil ini tidak ilmiah. Hasil akan diperbarui tiap menit

video berita

lainnya...

berita internasional

PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft