Merdeka Politik News Feed
Updated: Mon, 27 May 2013 04:12:02 GMT | By Merdeka Politik News Feed

Penghitungan KPU Jateng: Sementara Ganjar-Heru unggul



Berita Satu


MERDEKA.COM, Hasil perhitungan sementara Komisi Pemilihan Umum Daerah Jawa Tengah (KPUD Jateng), pasangan Ganjar Pranowo-Heru Sudjatmoko unggul dibandingkan dua pasangan lain. Ganjar dan Heru mendapatkan 48,25 persen suara.


Sementara itu, pasangan Bibit Waluyo-Sudijono meraih 30,59 persen suara. Menyusul pasangan Hadi Prabowo-Don Murdono mendapatkan 21,16 persen suara.


Ketua KPU Daerah Jawa Tengah M. Fajar SAKA mengatakan, hasil ini adalah hasil sementara dan bukan sebagai hasil pemungutan suara melainkan sebagai informasi bagi masyarakat.


"Ini belum hasil final, masih sekedar informasi yang dikirimkan dari tempat pemungutan suara(TPS)," katanya, Minggu (26/6).


Jumlah suara yang masuk sampai petang tadi, menunjukan angka total penghitungan sebanyak 67,24 persen atau sekitar 40 ribu dari total sekitar 61 ribu TPS. Hasil penghitungan suara ini dikirimkan oleh masing-masing KPPS melalui pesan singkat atau SMS pada nomor khusus.


"KPU melakukan program kerjasama dengan provider Telkomsel untuk perhitungan sementara. Jadi masing-masing KPPS sms ke nomor khusus empat digit yang sudah disediakan," tuturnya.


Fajar menuturkan hasil pemungutan suara ini akan dilakukan secara berjenjang dari tingkat Kelurahan, Kabupaten/Kota hingga tingkat provinsi.


"Hasil tersebut akan bisa diketahui masyarakat melalui rapat pleno terbuka hasil rekapitulasi pada 4 Juni mendatang yang merupakan hasil penghitungan final," ujarnya.


Fajar juga meminta pada seluruh masyarakat untuk tetap menjaga situasi dan kondisi tetap baik hingga gubernur yang baru dilantik. Sebab pelaksanaan pilgub kali ini berjalan dengan lancar dan semoga tetap terjaga dengan baik.


"Terkait dengan angka golput kami belum bisa mengetahuinya. Namun memang dilihat cukup banyak, meski begitu KPU mengaku tidak bisa memaksakan. KPU sudah membuka ruang seluas-luasnya pada masyarakat untuk berperan pada pilgub ini. Dan yang menang ya masyarakat Jawa Tengah," ucapnya.


Hasil perhitungan sementara ini, menurut Fajar memang tidak jauh berbeda dengan perhitungan cepat sejumlah lembaga survei yang sampai saat ini ditayangkan di beberapa stasiun televisi swasta nasional.


Sumber: Merdeka.com


0Komentar

poling berita

Setujukah Anda terhadap sikap pemerintah yang melegalkan aborsi?

Thanks for being one of the first people to vote. Results will be available soon. Check for results

  1.  
    19 %
    Setuju
    674 respon
  2. 77 %
    Tidak setuju
    2.815 respon
  3.  
    4 %
    Tidak tahu
    147 respon

Total Respon: 3.636
Hasil ini tidak ilmiah. Hasil akan diperbarui tiap menit

video berita

lainnya...

berita internasional

PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft