Merdeka Peristiwa News Feed
Updated: Sat, 13 Jul 2013 14:45:00 GMT | By Merdeka Peristiwa News Feed

Lapas Tanjung Gusta Medan jadi lokasi ngabuburit dadakan



Berita Satu


MERDEKA.COM, Istilah ngabuburit kurang dikenal di Medan, terlebih karena ada bagian dalam kata itu bermakna kurang baik bagi kalangan warga kota ini. Namun, kegiatan cuci mata dan jalan-jalan menjelang waktu berbuka puasa tetap banyak dilakukan.


Banyak lokasi yang diramaikan warga Kota Medan, umumnya anak muda, untuk berkumpul dan menghabiskan waktu menjelang berbuka puasa. Keramaian ini biasanya banyak terlihat di kawasan Ramadan Fair, Ring Road Sunggal, jembatan di atas Jalan Tol Belmera dekat Universitas Negeri Medan (Unimed), dan sekitar kampus Universitas Sumatera Utara.


Khusus Jumat (12/7), ada tempat tidak biasa yang menjadi lokasi sebagian warga Medan menghabiskan waktu, yaitu kawasan Lapas Tanjung Gusta. Tempat ini menarik perhatian warga pascakerusuhan yang terjadi di dalamnya. Keramaian terjadi sejak Kamis (11/7) malam, tak lama setelah kerusuhan bermula. Warga terus berdatangan ke lokasi itu, termasuk saat menjelang waktu berbuka puasa.


Meski terkadang dilarang, warga tetap memarkirkan kendaraannya, terutama sepeda motor, di tepi Jalan Lembaga Pemasyarakatan, depan Lapas Tanjung Gusta. Sebagian duduk-duduk di atas motor, tak sedikit pula yang meninggalkannya dan memilih berjalan ke pagar penjara itu.


Akibat banyaknya warga yang datang dan menonton Lapas Tanjung Gusta, kemacetan kerap tak terhindarkan. Polisi tampak kesulitan mengatur arus lalu lintas di sana. Mereka terkadang terpaksa menutup jalan jauh dari lapas dan mengalihkan arus kendaraan agar Jalan Lembaga Pemasyarakatan lancar kembali.


Meski jalan ditutup, tapi warga tetap membandel, mereka tetap berusaha mendapatkan izin melintas dengan alasan rumahnya berada di sekitar lapas. Akhirnya, jalan dibuka kembali.


Warga yang datang umumnya ingin melihat kondisi lapas setelah kerusuhan yang banyak diberitakan media massa. Terkadang mereka nekat masuk ke halaman lapas dan berbaur dengan keluarga narapidana yang ingin mengetahui nasib kerabatnya. "Mau lihat saja, sambil menunggu waktu berbuka. Kita pingin lihat langsung," kata Sri, seorang warga.


Suasananya menjadi lebih sepi menjelang saat-saat berbuka puasa. Sebagian masyarakat yang berpuasa memilih pulang ke rumah masing-masing, meninggalkan ratusan personel TNI dan kepolisian yang berjaga di sana.


Sumber: Merdeka.com


0Komentar

poling berita

Setujukah Anda terhadap sikap pemerintah yang melegalkan aborsi?

Thanks for being one of the first people to vote. Results will be available soon. Check for results

  1.  
    17 %
    Setuju
    1.454 respon
  2. 79 %
    Tidak setuju
    6.605 respon
  3.  
    4 %
    Tidak tahu
    349 respon

Total Respon: 8.408
Hasil ini tidak ilmiah. Hasil akan diperbarui tiap menit

video berita

lainnya...

berita internasional

PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft