Merdeka Peristiwa News Feed
Updated: Tue, 07 May 2013 22:05:31 GMT | By Merdeka Peristiwa News Feed

Kantor OPM berdiri di Inggris, Indonesia sangat terusik



Berita Satu


MERDEKA.COM, Organisasi Papua Merdeka (OPM) diisukan telah mendirikan kantor di Oxford, Inggris beberapa waktu lalu. Pemerintah Indonesia mempertanyakan sikap Inggris lewat Duta Besar Inggris untuk Indonesia.


Meskipun pihak Inggris sudah menyangkal meresmikan kantor tersebut. Tapi anehnya, Inggris juga mengakui ada otonomi daerah yang mengizinkan OPM berdiri di Oxford.


Menanggapi hal itu, Menteri Luar Negeri Marty Natalegawa sangat menyayangkan. Harusnya, lanjut Marty, keharmonisan hubungan diplomatik antar kedua negara, tak harus diganggu dengan langkah pemberian izin mendirikan OPM.


"Kami tegaskan situasi seperti ini tidak lazim. Bahwasanya suatu pemerintahan tidak mampu mengelola sikap dari pemerintah daerah di Inggris. Kita menganggap ini sangat bertolak belakang dengan semangat persahabatan kedua negara dan mengharapkan agar mereka bisa betul-betul memahami betapa kita merasa sangat terusik, merasa sangat tidak menerima keadaan seperti itu," kata Marty di Kompleks Istana, Selasa (7/5).


Marty pun mempertanyakan ketentuan atau kebijakan dari pemerintah Inggris yang membiarkan wilayahnya digunakan untuk keperluan yang bersifat separatis dan tidak bersahabat dengan negara lain. Pihak Indonesia melalui Kemenlu terus menjalin komunikasi guna mencari solusi dari kejadian ini.


"Langkah Dewan Kota Oxford ini sama sekali tidak menggambarkan posisi pemerintah Inggris dan tetap mendukung Indonesia, mendukung NKRI dan mendukung Papua dan Papua Barat bagian dari NKRI," ujarnya.


Sumber: Merdeka.com


0Komentar

poling berita

Menurut Anda, perlukah pemerintah membayar diyat Satinah yang didenda Rp 21 miliar oleh majikannya di Arab?

Thanks for being one of the first people to vote. Results will be available soon. Check for results

  1.  
    24 %
    Perlu
    2.410 respon
  2. 67 %
    Tidak
    6.580 respon
  3.  
    9 %
    Tidak tahu
    941 respon

Total Respon: 9.931
Hasil ini tidak ilmiah. Hasil akan diperbarui tiap menit

video berita

lainnya...

berita internasional

PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft