Merdeka Politik News Feed
Updated: Wed, 25 Dec 2013 13:01:00 GMT | By Merdeka Politik News Feed

Jelang Pilpres, Prabowo dan SBY makin mesra



Berita Satu


MERDEKA.COM, Jelang 2014, para capres melancarkan strateginya agar dipilih rakyat menduduki kursi empuk orang nomor satu di Indonesia. Dari sekian banyak nama capres, Prabowo Subianto merupakan salah satu kandidat kuat capres yang akan maju pada Pilpres 2014.


Prabowo tak tinggal diam. Selain memantapkan mesin politik partainya, Gerindra, Prabowo juga rajin berkomunikasi dengan elite partai lain. Sebenarnya, komunikasi politik tersebut wajar dan sah saja.


Sebab, tingginya syarat perolehan suara parpol untuk bisa mengusung capres memaksa para capres dan parpol mencari titik aman dengan cara berkoalisi dengan parpol lain. Dalam undang-undang disebutkan, salah satu syarat parpol atau gabungan parpol untuk mengusung capres adalah mengantongi 20 persen suara nasional di pemilu legislatif.


Komunikasi politik juga dijalin Prabowo dengan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Kemarin, ketua Dewan Pembina Partai Gerindra itu menggelar pertemuan dengan SBY yang juga ketua umum Partai Demokrat di kantor Presiden, Jakarta.


Pertemuan tersebut tentunya bukan pertemuan biasa. Sebab, jika dua elite partai bertemu tentunya memiliki agenda politik tertentu. Apalagi pertemuan di kantor Presiden kali ini merupakan yang kedua setelah pertemuan pertama di kantor Presiden digelar pada Senin (11/3) lalu.


Dengan memakai baju safari cokelat, Prabowo langsung disambut hangat oleh SBY di kantor Presiden. Keduanya kemudian memberi hormat militer sebagai sesama alumni TNI. Pertemuan itu hanya sebentar, dan usai pertemuan Prabowo menggelar jumpa pers.


"Tadi saya diterima Bapak Presiden sebagaimana saudara ketahui, secara berkala memang sudah beberapa saat beberapa kali menghadap presiden," ujarnya, Selasa, (24/12).


Prabowo mengakui dalam pertemuan itu dibicarakan soal soal kondisi politik dan tukar pandangan. "Kita tukar pandangan, saya berkonsultasi kepada beliau tentang ekonomi, perkembangan politik, kita tukar menukar pandangan," ujar Prabowo.


Kepada Prabowo, SBY curhat ingin lengser dari jabatannya sebagai presiden dengan baik. SBY juga ingin pelaksanaan Pilpres 2014 nanti berjalan aman dan tertib.


Menurut Prabowo, SBY ingin para capres bersaing dengan demokratis dan fair. "Beliau ingin semua capres bersaing dengan baik, kekeluargaan dan beliau mengatakan yang menentukan adalah rakyat dan Tuhan. Saya kira sama, cocok kita," paparnya.


Pada pertemuan pertama dulu, Prabowo tak menampik jika Demokrat dengan Gerindra akan berkoalisi di Pilpres mendatang.


"Politik itu kan dinamis, kita lihat saja nanti," kata Prabowo sebelum bertemu SBY di kantor presiden, Senin (11/3).


Kabar yang beredar, pertemuan antara Prabowo dan SBY untuk membahas peta koalisi antara Demokrat dan Gerindra di Pemilu 2014. Dalam kabar itu diisukan Presiden SBY meminta kepada Prabowo agar pemenang konvensi Demokrat diduetkan dengan Prabowo di Pilpres 2014. Namun dengan catatan, jika dalam pemilu legislatif, suara Demokrat lebih kecil ketimbang Gerindra.


Akankah Demokrat dan Gerindra berkoalisi untuk mengusung Prabowo di Pilpres 2014? Kita tunggu saja.


Sumber: Merdeka.com


0Komentar

poling berita

Setujukah Anda terhadap sikap pemerintah yang melegalkan aborsi?

Thanks for being one of the first people to vote. Results will be available soon. Check for results

  1.  
    19 %
    Setuju
    739 respon
  2. 77 %
    Tidak setuju
    3.079 respon
  3.  
    4 %
    Tidak tahu
    167 respon

Total Respon: 3.985
Hasil ini tidak ilmiah. Hasil akan diperbarui tiap menit

video berita

lainnya...

berita internasional

PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft