Merdeka Peristiwa News Feed
Updated: Sun, 28 Jul 2013 08:45:00 GMT | By Merdeka Peristiwa News Feed

Gaji anggota DPR terbesar ke-4 sejagat, gaji SBY ke-3 sedunia



Berita Satu


MERDEKA.COM, Gaji anggota DPR di Indonesia tercatat sebagai yang terbesar keempat di dunia. Peringkat itu dirilis oleh Independent Parliamentary Standarts Authority dan IMF dengan dasar jumlah gaji dalam setahun dibagi pendapatan per kapita penduduk.


Ternyata jumlah gaji anggota DPR sebanyak 18 kali pendapatan per kapita penduduk. Sebelumnya, majalah The Economist juga pernah melansir data yang sama untuk gaji kepala negara seluruh dunia. Majalah The Economist edisi 5 Juli 2010, melansir pendapatan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) terbesar ketiga sedunia. Hal itu didasarkan pada jumlah total gaji dibagi pendapatan per kapita.


Data yang dihimpun dari sumber pemerintah, media dan Dana Moneter Internasional (IMF) itu, menyebutkan gaji SBY mencapai USD 124.171 atau sekitar Rp 1,1 miliar per tahun. Artinya gaji SBY mencapai hampir 30 kali lipat dari pendapatan per kapita penduduk.


Urutan pertama ditempati Perdana Menteri Kenya Raila Odinga, dengan gaji pokok mencapai USD 427.886. Atau setara dengan setara dengan 240 kali lipat dari pendapatan per kapita penduduknya.


Kemudian di urutan kedua ada Perdana Menteri Singapura dengan gapok mencapai USD 2.184.516. PM Singapura Lee Hsien Loong memperoleh gaji setara dengan perbandingan 40 kali dari pendapatan per kapita penduduk Singapura.


Selain presiden, sebelumnya gaji anggota DPR juga terbesar keempat di dunia. Nigeria menjadi negara dengan gaji anggota DPR paling besar di dunia, yaitu 116 kali lipat dari pendapatan per kapita penduduknya. Di urutan kedua, negara Kenya dengan pendapatan anggota DPR-nya 76 kali lipat dari pendapatan per kapita warga Kenya per tahun. Disusul di peringkat ketiga ada Ghana dengan pendapatan anggota legislatifnya 30 kali lipat lebih besar dari pendapatan per kapita penduduk Ghana.


Sementara Indonesia berada di peringkat keempat dengan jumlah gaji anggota DPR-nya 18 kali lipat dari pendapat per kapita rata-rata penduduk Indonesia. Data yang dirilis Independent Parliamentary Standards Authority (IPSA), gaji anggota DPR di Indonesia per tahun adalah USD 65.000. Dengan pendapatan per kapita dari data terakhir IMF yaitu USD 3.582, diketahui gaji anggota DPR di Indonesia adalah 18 kali pendapatan per kapita penduduk.


Data ini tentu menjadi jumlah yang mencengangkan, jika dilihat dari masih banyaknya penduduk Indonesia yang hidup di bawah garis kemiskinan. Data Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2013 saja, jumlah penduduk miskin di Indonesia mencapai 28,07 juta orang atau 11,37 persen dari seluruh penduduk Indonesia.


Sumber: Merdeka.com


38Komentar
29 Jul, 2013 07:20
avatar
Selamat kpd SBY dan anggota DPR. Kalian berhasil masuk ranking atas dunia. Kalian ikut "mengharumkan nama Indonesia" sejajar dg negara2 korup di Afrika.
29 Jul, 2013 09:03
avatar

SBY ngeluh soal gaji????

Ternyata SBY seorang Presiden yang menipu RAKYAT nya sendiri.

Mengeluh soal gaji didepan media elektronik dan rakyat, sama saja seperti pengemis yang ada di lampu merah yang tidak mau bekerja keras.

SBY Selama 9 tahun memimpin Indonesia RAKYAT hanya mendapatkan kesengsaraan dan penindasan.

29 Jul, 2013 06:05
avatar
woy kerja g becus gajinya gede g tau malu!!!!!!!!!!!!!
avatar

Legislatif , eksekutif dan yudikatif , semuanya sama punya rekor gajih tinggi.

Dan semuanya punya rekor

1. tidak punya prestasi

2. penakut dengan negara asing

3. tukang curhat

4. banyak omong tanpa hasil

5. banyak kkn-nya

.... tidak tahu kenapa mereka tetep saja dipilih

29 Jul, 2013 05:41
avatar

REFORMASI..KE..1..... BANYAK..MALING NYA.....DARI..PADA....PARTAI .NYA.......

...................... ........................ ................... ........................... ....................... ................

REFORMASI..KE..2......MENCARI.....PAHLAWAN...  BUKAN.....MENCARI...PENERUS......

...................... ........................ ................... ........................... ....................... ................

......................................MENCARI.....PAHLAWAN...  BUKAN.....MENCARI...ANAK...CUCU....

...................... ........................ ................... ........................... ....................... ................

......................................MENCARI.....PAHLAWAN...  BUKAN.....MENCARI...PRESIDEN,,,,,

29 Jul, 2013 13:00
avatar
segera Pak Jokowi maju jadi president dan benahi daftar gaji2 president & anggota DPR. Biar mereka yg maju jadi anggota DPR mikir2 lagi. Kalo bisa anggota DPR ga usah digaji, yg mau jadi anggota DPR yg udah tajir2 aja. Kalo kata tokobagus mah for serius only, no tipu =))
29 Jul, 2013 10:13
avatar
pantas indonesia negara kaya,tapi rakyat tetap melarat
29 Jul, 2013 12:35
avatar

Wah ada yang salah itu data.

Menurut pendapat saya,jumlah org indonesia sekitar  200jt jiwa (bny yg meninggal karena bencana alam yg kerap terjadi di Indonesia,termasuk kecelakaan dan buruknya pelayanan kesehatan+pengawasan makanan & obat2an. Dari 200jt,yang usia dewasa hny 120jt jiwa (sebagai pencari uang/usia produktif).

Yang miskin adalah 119jt jiwa dari 120jt tsb. Bgitu hasil riset saya

29 Jul, 2013 19:16
avatar

bgus,,, teruskan,,,,

kerjanya jga enak,,,

cma ngomong, makan, duduk", tdur,,,

gajinya 1,1 M,,,,,,

hbat.............

29 Jul, 2013 10:38
avatar
Apa bisa di samakan antara mengurusi sebuah negara dengan perusahaan kecil.

Saya bekerja di private company skala menengah di luar negeri (Qatar) Gaji CEO
Per-Tahun 400.000,00 Qatar Riyal  = 1.128 Juta. Nilai yang hampir sama antara Gaji SBY dengan CEO medium scale private company..
29 Jul, 2013 11:27
avatar
itulah jadinya kalo gaji pegawai pemeritahan tinggi tapi pendapatan rakyatnya redah, semua teriak teriak, negara bisa bubar!. coba kalo pendapatan rakyatnya tinggi, egga masalah gajo pegawai pemerintahannya tiggi, negara sampai akhir jaman! SBY SADAR!
29 Jul, 2013 14:10
avatar
Alhamdulillah..... Kita bisa kasih gaji Presiden dan anggota DPR termasuk yang paling besar sedunia.

Kalau dilihat data dari negara2 pemberi gaji terbesar ke DPRnya, adalah memang negara2 miskin. No wonder Indonesia yang sumber daya alamnya kaya tapi tetap miskin.

avatar
Indonistan truely africa . ngak rakyatnya ngak pejabat rusak..sama sama rusak. tambah ajaran rusak makin rusak ngak karuan..
29 Jul, 2013 10:02
avatar
Kita harus jeli membaca berita ini entah saya yang blo'on atau penulis artikel yg terlalu pinter.

1. Thn 2012 Pendapatan per Kapita Indonesia US$3.700 dan Amerika US$ 47.702
2. Gaji Presiden RI ,18 X  US$3.700 =  US$66.600
3. US$66.600  :  US$ 47.702 (GNI USA) = 1,4
Kesimpulannya : Gaji Presiden Indonesia hanya
1,4 X Pendapatan per Kapita Amerika.
sedangkan Presiden Amerika gajinya 3 x US$47.702 kira2 sekitar US$ 143.106

Itu baru dibandingkan dengan Amerika, bagaimana jika dibandingkan dengan negara Qatar, Norwegia, Hongkong, Brunai dll yg notabene negara2 dengan Pendapatan per Kapita yg tinggi. yang jadi masalah adalah Nilai tukar mata uang kita yg terlalu rendah sehingga Rupiah seperti tidak ada artinya.

Bayang kan jika seorang presiden cukup digaji 3 x US$3.700 (pendapatan perkapita ) artinya cuma US$11.100 atau sekitar Rp. 111. juta /tahun. Ga masuk akal kan?


29 Jul, 2013 10:34
avatar
Saya bekerja di private company skala menengah di luar negeri (Qatar) Gaji CEO
Per-Tahun 400,000.00 Qatar Riyal  = 1,128Juta. Nilai yang hampir sama antara Gaji SBY dengan CEO medium scale private company.. :)



30 Jul, 2013 00:29
avatar
Berapapun gajimu presiden dan anggota DPR seharusnya malu klo tidak mampu memberikan kebaikan bagi negaramu!

29 Jul, 2013 23:01
avatar
pantesan bnyk bgt artis yg udah gak laku, nyaleg jd anggota dewan. gajinya aja peringkat keempat dunia. enak banget ya, tidur doang digaji gede. selamat atas pencapaiannya..
29 Jul, 2013 20:32
avatar
Gaji Presiden dibandingkan dengan Penduduk ya Pasti Beda Jauh...!!! Tanggung Jawabnya juga beda..Perbandingan yang kurang pas !!
29 Jul, 2013 18:44
avatar
justru itu yang menjadi menarik.....,kalau presiden & dpr  gajinya kecil ..siapa yang mau ?
Laporkan
Bantu kami untuk menjaga lingkungan yang stabil dan sehat dengan melaporkan segala jenis kegiatan ilegal dan tidak sesuai. Jika Anda merasa ada pesan yang melanggarAturan dasarharap isi formulir ini untuk memberitahu moderator. Moderator akan memeriksa laporan Anda dan mengambil tindakan yang dianggap perlu. Jika diperlukan, segala tindakan ilegal akan dilaporkan kepada pihak berwajib.
Kategori
Batas karakter 100