JPNN
Updated: Mon, 29 Apr 2013 15:48:00 GMT | By JPNN

Tarik Investor, Pemprov Sumbar Gratiskan Izin



JPNN
PADANG--Pemerintah Provinsi Sumatera Barat menggratiskan pengurusan perizinan bagi dunia usaha. Kebijakan ini sebagai stimulus bagi dunia usaha agar meningkatkan investasi di Sumbar.

"Untuk menarik minat investor, Pemprov tidak memungut biaya apa pun saat investor atau kalangan dunia usaha melakukan pengurusan perizinan di Sumbar. Pemprov juga telah menyiapkan standard operational procedure (SOP) bagi setiap jenis perizinan yang dikeluarkan dari Pusat Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP)," ujar Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Masrul Zein kepada Padang Ekspres (Grup JPNN) akhir pekan lalu.

Ia menyebutkan, kemudahan yang telah diberikan Pemprov Sumbar berupa pengurusan izin fiskal. Selain itu, Pemprov juga akan memudahkan masuknya bahan baku. Jika bahan bakunya tidak ada di Indonesia, investor diperbolehkan mengimpor dari luar.

"Tapi jika bahan baku atau peralatannya ada di Indonesia, apalagi di Sumbar, tidak dibenarkan mengimpornya. Kami juga harus memikirkan kepentingan usaha kecil dalam negeri," ujar Masrul Zein.

"Kalau kita biarkan saja mereka mengimpor bahan baku atau peralatan, bisa-bisa bahan baku dan peralatan kita tak laku dijual dan bisa mematikan usaha ekonomi kecil. Kami berikan mereka kemudahan, tapi kami juga tetap harus memproteksi kegiatan PMA di sini," tambahnya.

Untuk menarik investor, kata Masrul, ada beberapa hal yang harus dibenahi. Di antaranya, pembangunan infrastruktur yang harus dipercepat, reformasi birokrasi, dan harmonisasi regulasi.(ayu)

0Komentar

poling berita

Setujukah Anda terhadap sikap pemerintah yang melegalkan aborsi?

Thanks for being one of the first people to vote. Results will be available soon. Check for results

  1.  
    17 %
    Setuju
    1.334 respon
  2. 79 %
    Tidak setuju
    6.044 respon
  3.  
    4 %
    Tidak tahu
    315 respon

Total Respon: 7.693
Hasil ini tidak ilmiah. Hasil akan diperbarui tiap menit

Video Berita

Lainnya...

berita internasional

PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft