JPNN
Updated: Sat, 29 Jun 2013 13:28:00 GMT | By JPNN

Tamrin Tamagola, Serahkan ke Nurani Publik



JPNN
JAKARTA - Sosiolog Tamrin Amal Tamagola kemarin pagi menjadi korban amarah Juru Bicara Front Pembela Islam (FPI) Munarman. Dalam siaran langsung sebuah tayangan diskusi tentang kekerasan menjelang Ramadan, Munarman menyiramkan secangkir teh ke muka Tamrin saat keduanya sedang berdebat tentang perlu tidaknya penertiban tempat hiburan selama Ramadan.

Dalam siaran langsung yang juga mengundang Karopenmas Divhumas Mabes Polri Brigjen Boy Rafli Amar tersebut, Munarman terlihat spontan menyiramkan air ke arah Tamrin. Setelah insiden tersebut, TVOne memang langsung menghentikan siaran langsung. Namun, secara off air, Tamrin dan Munarman masih melanjutkan perdebatan hingga 15 menit. Meski bersitegang, tidak ada insiden lanjutan karena kru-kru TVOne sudah menengahi keduanya.

"Biarkan publik yang menilai dan beri hukuman sosial yang setimpal. Saya tidak mau melayani preman," ujar Tamrin melalui akun Twitter @tamrintamagola. Tamrin yang dikonfirmasi melalui telepon membenarkan akun tersebut miliknya.

Alumni Universitas Essex ini memang tak beniat melaporkan Munarman ke polisi. Usai acara, dia langsung bertolak ke Bandara Soekarno-Hatta. Dia beralasan kejadian tersebut ditayangkan secara langsung, bahkan di depan perwira tinggi polisi, sehingga dia tidak perlu melaporkan Munarman.

"Saya tidak perlu membalas. Kalau membalas sama saja saya dengan preman. Banyak orang menyarankan saya melapor untuk memberi pelajaran, tapi saya melihat tidak ada manfaatnya," terang dia. "Saya serahkan ke nurani publik," lanjut doktor sosiologi kelahiran Halmahera ini.

Bagi Tamrin, dakwah yang keras tidak akan menyelesaikan ketimpangan ekonomi yang disebutnya sebagai sumber maraknya kekerasan di Indonesia. Dakwah dengan kekerasan diyakininya merugikan orang yang berada dalam posisi lemah. "Mereka yang tidak berdaya akan merasa terancam," tegas bapak satu putri ini. (noe)

1Komentar
29 Jun, 2013 11:52
avatar
TIAP SAAT DARI WAKTU KE WAKTU, DARI TAHUN KE TAHUN FPI TIDAK PERNAH PUNYA BERITA BAGUS DI MATA PUBLIK RAKYAT INDONESIA. ORMAS MACAM APA INI, BEGITU KEBAL HUKUM YA... ?
Laporkan
Bantu kami untuk menjaga lingkungan yang stabil dan sehat dengan melaporkan segala jenis kegiatan ilegal dan tidak sesuai. Jika Anda merasa ada pesan yang melanggarAturan dasarharap isi formulir ini untuk memberitahu moderator. Moderator akan memeriksa laporan Anda dan mengambil tindakan yang dianggap perlu. Jika diperlukan, segala tindakan ilegal akan dilaporkan kepada pihak berwajib.
Kategori
Batas karakter 100
Anda yakin hendak menghapus komentar ini?

poling berita

Setujukah Anda terhadap sikap pemerintah yang melegalkan aborsi?

Thanks for being one of the first people to vote. Results will be available soon. Check for results

  1.  
    19 %
    Setuju
    672 respon
  2. 77 %
    Tidak setuju
    2.799 respon
  3.  
    4 %
    Tidak tahu
    146 respon

Total Respon: 3.617
Hasil ini tidak ilmiah. Hasil akan diperbarui tiap menit

Video Berita

Lainnya...

berita internasional

PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft