JPNN
Updated: Fri, 21 Jun 2013 04:29:00 GMT | By JPNN

Staf Khusus SBY Masuk Calon Terpopuler di Pilgub Lampung



JPNN
JAKARTA - Indonesia Development Monitoring (IDM) menemukan hanya ada enam tokoh yang memiliki popularitas di atas 90 persen pada Pemilihan Gubernur (Pilgub) Provinsi Lampung. Mereka adalah Herman HN (Wali Kota Bandarlampung), Alzier Dianis Thabranie (Ketua DPD Golkar), Joko Umar Said (Wakil Gubenur Lampung), Berlian Tihang (Sekprov Lampung), Mukhlis Basri (Bupati Lampung Barat), dan Andi Arief (Staf Khusus Presiden Susilo Bambang Yudhoyono)

"Meskipun belum menjadi daya tarik yang kuat bagi pemilih, potensi mereka setidaknya dapat dilihat dari tingkat penerimaan pemilih pada mereka. Dalam hal ini indikasinya dapat dilihat dari tingkat pengenalan kesukaan pemilih pada mereka," kata Direktur Eksekutif IDM, Fahmi Hafel dalam rilisnya yang diterima JPNN, Kamis (20/6).

Fahmi menjelaskan temuan ini berdasarkan survei yang dilakukan pada 2 Juni -16 Juni 2013 untuk menganalisa nama-nama bakal calon Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Lampung. Sampel yang digunakan adalah warga Provinsi Lampung yang sudah memiliki hak pilih sebanyak 3 ribu orang dengan tingkat kepercayaan 98 persen.

Dari beberapa indikator pertanyaan yang diajukan, ditemukan pula bahwa tokoh yang mempunyai elektabilitas diatas 15 persen adalah Alzier Dianis Thabranie, Berlian Tihang, Mukhlis Basri.

"Dalam temuan surve tokoh yang paling punya potensi untuk menang dalam pemilihan Gubenur Lampung adalah Berlian Tihang (Sekda Prov Lampung) dengan tingkat Elektabilitas 31,4 persen. Kemudian Berlian Tihang yang notabene bukan datang dari kalangan Parpol tetapi dari kalangan birokrasi," ucapnya.

Fahmi menjelaskan meskipun ada tokoh yang popularitasnya tinggi tapi tidak signifikan dengan tingkat keterpilihannya. Seperti pada Andi Arief yang hanya memiliki elektabilitas di bawah 10 persen.

"Tokoh muda yang mempunyai elektabilitas dan popularitas tertinggi hanyalah Andi Arief dengan 5,6 persen. Sedangkan Tokoh muda dari Partai Demokrat yang maju sebagai calon gubenur Lampung yaitu Muhamad Ridho Ficardo (Ketua Demokrat lampung) hanya memiliki eletabilitas 0,9 persen," pungkasnya. (awa/jpnn)

0Komentar

poling berita

Setujukah Anda terhadap sikap pemerintah yang melegalkan aborsi?

Thanks for being one of the first people to vote. Results will be available soon. Check for results

  1.  
    19 %
    Setuju
    739 respon
  2. 77 %
    Tidak setuju
    3.080 respon
  3.  
    4 %
    Tidak tahu
    167 respon

Total Respon: 3.986
Hasil ini tidak ilmiah. Hasil akan diperbarui tiap menit

Video Berita

Lainnya...

berita internasional

PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft