JPNN
Updated: Thu, 28 Mar 2013 14:56:00 GMT | By JPNN

Saatnya NTB Memilih



JPNN
MATARAM-Empat pasangan calon gubernur/wakil gubernur resmi mendapat nomor urut. Meski memiliki pandangan berbeda, namun masing-masing pasangan mengklaim nomor yang diperoleh adalah angka keberuntungan dan sebagai tanda kemenangan.

KPU NTB telah menggelar sidang pleno penetapan nomor urut pasangan calon gubernur/wakil gubernur di Narmada Convention Hall, Mataram. Setelah melalui pengundian, nomor urut 1 diperoleh pasangan Tuan Guru Bajang (TGB) Dr HM Zainul Majdi-H Muhammad Amin (TGB-Amin) dan nomor urut 2 diperoleh pasangan Suryadi Jaya Purnama-Johan Rosihan (SJP-Johan). Sementara nomor urut 3 diperoleh pasangan H Harun Al Rasyid-HL Abdul Muhyi Abidin (HARUM) dan nomor urut 4 diperoleh pasangan Dr KH Zulkifli Muhadli-Prof Dr HM Ichsan (Zul-Ichsan).

Calon gubernur Dr KH Zulkifli Muhadli mengatakan, nomor 4 sebagai angka yang menguntungkan. Menurutnya, nomor 4 berada pada posisi sebelah kanan pada kertas surat suara. Dengan begitu, pemilih dapat lebih mudah menemukan nama pasangan Zul-Ichsan.

‘’Alhamdulillah nomor 4 ini merupakan nomor kemudahan. Bagi pemilih dengan tangan kanan akan langsung dapat menemukan nomor empat karena letaknya juga berada di paling kanan pada kertas suara,”kata Zulkifli Muhadli kepada wartawan usai pengundian nomor urut, Rabu (27/3).

Ihsan Gamalaputra, tim pemenangan Zul-Ichsan juga mengatakan, angka 4 yang diperoleh pasangan Zul-Ichsan memiliki arti baik. Angka tersebut diperoleh pada hari keempat sejak hari Minggu dengan suasana yang sejuk dari empat penjuru mata angin. “Insya Allah akan mengantarkannya sebagai Gubernur NTB. Angka empat sesuai empat sifat Nabi Muhammad SAW yakni Siddiq, Amanah, Tabliq, Fatonah,”ungkapnya.

Calon gubernur Suryadi Jaya Purnama yang mendapat nomor urut 2 juga berpendapat hampir sama. Ia mengatakan, angka 2 yang diperolehnya merupakan angka kemenangan. Terlebih pada Pemilukada 2009 lalu, pasangan yang diusung Partai Keadilan Sejahtera (PKS) menang dengan perolehan nomor urut 2.

Suryadi juga optimistis masyarakat NTB akan memberikan dengan ikhlas suaranya untuk kemenangan pasangan SJP-Johan. Menurut dia, semua nomor memang merupakan nomor keberuntungan bagi pasangan SJP-Johan. ‘’Yang jelas dulu kami pernah memenangkan nomor 2 dan sekarang sejarah itu akan kita ulang kembali,”ujar Suryadi.

Calon gubernur H Harun Al-Rasyid yang mendapat nomor urut tiga juga mengaku senang mendapatkan momor tersebut. Meski Harun tidak mau mengaitkan dengan hal-hal lain, namun ia yakin akan menang dan akan membawa perubahan di NTB. ‘’Kami optimistis dengan nomor 3 ini masyarakat akan memilih dengan luar biasa. Kita tetap komitmen untuk mengharumkan NTB,”ungkapnya.

Ketua tim pemenangan TGB-Amin, H Mahally Fikri juga tidak kalah optimistis. ‘’Nomor urut 1 yang diperoleh TGB-Amin sudah menunjukkan TGB sebagai juara,’’ katanya. Sehingga, pihaknya semakin optimistis, semua pihak akan satu tujuan untuk melanjutkan ikhtiar membangun NTB Bersaing.

Sementara itu, pantauan Lombok Post, pasangan TGB-Amin adalah calon pertama yang datang ke Narmada Convention Hall, tempat pleno pengundian nomor urut yang dilakukan KPU NTB. Bersama sejumlah petinggi parpol pengusung dan simpatisan, pasangan ini langsung masuk ke dalam gedung. Belakangan, muncul pasangan HARUM, pasangan Zul-Ichsan, dan terakhir SJP-Johan.

Keempat pasangan calon langsung menempati tempat duduk. Mereka terlihat sesekali berbincang akrab diselingi tawa kecil. Tak jarang di antara mereka saling berpelukan.

Rangkaian acara rapat pleno terbuka itu selanjutnya dibuka Ketua KPU NTB Fauzan Khalid. Meskipun diwarnai suara teriakan pendukung masing-masing pasangan calon yang memenuhi lokasi, namun rapat pleno berlangsung tertib.

Penetapan nomor urut pasangan calon dilakukan melalui dua tahap. Tahap pertama, calon mencabut nomor urut untuk menentukan urutan pencabutan nomor yang akan tertera dalam surat suara. Berdasarkan urutan undian itu, pasangan Harun Al Rasyid-HL Abdul Muhyi Abidin mendapat giliran pertama mencabut undian. Disusul pasangan KH Zulkifli Muhadly-H Muhamad Ichsan, pasangan TGH M Zainul Majdi-H Muhammad Amin, dan terakhir pasangan Suryadi Jaya Purnama-Johan Rosihan.

Hasilnya, pasangan TGB-Amin mendapat nomor urut 1, disusul SJP-Johan, HARUM, dan Zul-Ichsan masing-masing nomor urut 2,3, dan 4. Proses pengundian nomor urut tersebut selanjutnya diakhiri dengan penandatanganan berita acara rapat pleno. Ketua KPU NTB juga telah menandatangani Keputusan KPU NTB Nomor: 100/Kpts/KPU-Prov-07/2013 tentang Penetapan Nomor Urut Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur sebagai peserta Pemilukada Gubernur 2013. Usai penentuan momor urut, pasangan calon beserta pimpinan parpol pendukung, tim pemenangan, dan simpatisan meninggalkan lokasi acara.

Sesuai tahapan program dan jadwal Pemilukada NTB 2013, tahap kampanye akan berlangsung mulai tanggal 26 April sampai 9 Mei 2013. KPU NTB juga akan menyelenggarakan deklarasi pemilukada damai dan penyampaian visi dan misi pasangan calon.(cr-tan/mni)

0Komentar

poling berita

Menurut Anda, perlukah pemerintah membayar diyat Satinah yang didenda Rp 21 miliar oleh majikannya di Arab?

Thanks for being one of the first people to vote. Results will be available soon. Check for results

  1.  
    24 %
    Perlu
    2.287 respon
  2. 67 %
    Tidak
    6.198 respon
  3.  
    9 %
    Tidak tahu
    885 respon

Total Respon: 9.370
Hasil ini tidak ilmiah. Hasil akan diperbarui tiap menit

Video Berita

Lainnya...

berita internasional

PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft