JPNN
Updated: Wed, 18 Sep 2013 01:34:00 GMT | By JPNN

Protes Mobil Murah, Jokowi Surati Wapres



JPNN
JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo semakin terang-terangan menolak kebijakan mobil murah yang dibuat pemerintah pusat. Pria yang akrab disapa Jokowi itu mengaku telah mengirim surat kepada Wakil Presiden Boediono untuk menyampaikan keberatannya.

"Kita menyurati juga ke Wapres terkait masalah ini. Karena kita dikejar untuk menyiapkan fasilitas dan infrastruktur cepat, tapi kemudian ini datang mobil murah," kata Jokowi kepada wartawan di Balai Kota DKI Jakarta, Selasa (17/9).

Jokowi menilai kebijakan mobil murah akan mendorong semakin banyak orang untuk memiliki mobil pribadi. Hal ini bertentangan dengan upayanya untuk membuat warga ibu kota beralih ke transportasi umum.

Sebenarnya, Jokowi sudah menyiapkan kebijakan pembatasan kendaraan seperti ganjil-genap dan Electronic Road Pricing (ERP) untuk menangkal efek mobil murah. Namun, kebijakan-kebijakan ini belum dapat diterapkan lantaran sarana transportasi yang ada belum memadai.

"Tidak mungkin dipercepat karena sebelum bus datang, kita tidak bisa apa-apa. Karena alternatifnya transportasi harus ada," ujarnya.

Untuk itu Jokowi berharap pemerintah pusat dapat memberi pengecualian bagi DKI Jakarta. Ia meminta kebijakan mobil murah tidak diterapkan di ibu kota. (dil/jpnn)

38Komentar
18 Sep, 2013 06:38
avatar
Memang susah pak. Itu rasanya jadi satu2nya pejabat jujur ditengah2 sekumpulan pejabat yg mementingkan kepentingan pribadi & golongan. Dari dulu Indonesia memang perkembangannya maju mundur, maju selangkah mundur 2 langkah. Karena yah itu tadi, banyak kepentingan.
18 Sep, 2013 08:37
avatar
Yg dibutuh rakyat sebenarnya bukan mobil pribadi. Tapi transportasi masal yg nyaman, aman, dan terjangkau. Singapura, Jepang & Hongkong memiliki pendapatan perkapita bekali2 lipat dari Indonesia, tapi sebagian besar penduduk tidak memerlukan mobil walaupun mampu beli. Mengapa? Karena transportasi umum sudah memadai. Sikap seperti ini yg harus diteladani, bukannya sifat konsumerisme & pamer kekayaan yg notabene malah akhirnya merusak lingkungan & mengurangi kenyamanan publik dengan kemacetan yg berlarut2.
18 Sep, 2013 08:58
avatar
Engkau memang seperti ayah bagi kami.... Tidak mementingkan urusan pribadi.... Tapi juga untuk mementingkan semua.... Semoga Sukses Jokowi - Ahok...!!
18 Sep, 2013 10:47
avatar

Kasus mobil murah mungkin strategi partai demokrat untuk merusak rakyat agar kinerja JOKOWI terhalang sehingga gagal dalam membuat jakarta tidak macat.

Demokrat salah satu partai yang licik dan terang-teranggan untuk bertindak, apalagi diperkuat dari omongan yang keluar dari congor si ruhut dan sutan untuk menjelekan JOKOWI.

Apa yang pernah Demokrat kasih ke rakyat????

yang ada uang rakyat yang merekat sedot.

18 Sep, 2013 08:27
18 Sep, 2013 08:44
avatar
seharusnya Indonesia bisa ngikutin Jepang punya mobil dibatasi, pemerintah juga harus lebih tegas!
18 Sep, 2013 10:49
avatar
Kebijakan pemerintah seharusnya, bukannya malah mendorong orang miskin membeli mobil, tapi harusnya mendorong mereka untuk investasi ke pendidikan dan perekonomian. Memangnya pemerintah mau menggelontorkan brp milyar dollar lagi buat subsidi BBM? Org miskin yg maksain beli mobil murah, memangnya bakal beli Pertamax?
18 Sep, 2013 13:16
avatar
Saya setuju Pak Jokowi.....
Sebenarnya keberadaan mobil murah justru menambah permasalahan baru. Konsumsi BBM dengan mobil murah bukan makin berkurang. Malah makin meningkat. Belum lagi persoalan kepadatan lalu lintas.
Jadi memang benar, Pemerintah Pusat Perlu diingatkan, semoga saja suara Bapak mendapat tanggapan yang positip.

18 Sep, 2013 12:39
avatar
Pemerintah itu wajib mengedukasi rakyat untuk berhemat, menabung demi masa depan, investasi yang cerdas demi meningkatkan taraf kehidupan, & peningkatan modal kewirausahaan. Bukannya malah menjerumuskan rakyat kecil untuk beli barang2 mewah dan membesarkan budaya konsumerisme. Wong miskin kok boros2 beli mobil??
21 Sep, 2013 09:08
avatar
Sukese terus Om..... pokoke TOLAK MOBIL MURAH di JAKARTA.... KAREAN ITU hanya MODUS SEGELINTIR OKNUM aja.... Kami rakyat kecil hanya butuh Angkutan Umum yang Aman, Nyaman, dan Tepat Waktu.
21 Sep, 2013 01:32
avatar
kegemaranya mengadakan proyek,meski korupsi terbuka lebar. mungkin aja ini kepentingan partainya. ada apa ini.
semoga bukan upaya penjegalan jokowi, yang  terlihat nyata lincah mengatur pembangunan.
rupanya cemburu ,melihat ketangkasan jokowi mengatasi transportasi. 
24 Sep, 2013 05:24
avatar
ITU YANG MENGAJUKAN IDE MOBIL MURAH BUTA ATAU KATARAK.. GAK LIAT APA KEMACETAN YANG ADA. KEBIASAAN SIH TUH PEJABAT DIKASIH JALAN MULUS TERUS.. KASIH TUH NYETIR SENDIRI OR NAIK TAXI BIAR NGERASAIN. 

NGASIH MOBIL RAKYAT YANG MURAH... TUH PARA PEJABAT MAU GAK PAKE MOBIL MURAH??.. KLO GAK MAMPU YA UDAH GAK USAH MAKSA MAKSA PUNYA MOBIL.

HI PARA PEJABAT YANG MENGAJUKAN IDE MOBIL MURAH.. TOLONG PIKIR PAKAI OTAK! JANGAN BODOH BODOHIN RAKYAT UNTUK KEPENTINGAN PRIBADI. 

MOBIL MURAH IDE BODOH
24 Sep, 2013 05:17
avatar
So take action!... dukung Pak joko menolak mobil murah. Itukan cuma untuk kepentingan kantong kantong pejabat.. mobil murah darimana???... barang murah y kwalitas bobrok! jangan mau dibodohi itu pejabat yg mengajukan ide bodoh. Kalian gak dapet untung apa apa dari mobil murah ..yang ada kerugian!! jakarta or dimana aja akan macet.. bahan bakar akan terus naik sehubungan kondisi di middle east.
Pejabat pejabat di indo sadis.. mikirin diri sendiri, bagaimana caranya medapatkan uang lebih!!..bukan mikirin rakyat. 

AYO DONG PROTES!! DI BUNDARAN HI or DIMANA SAJA!! TOLAK MOBIL MURAH YANG DARI MOBIL BEKAS BEKAS.!!!
22 Sep, 2013 13:13
avatar
Soal kebijakan Mobil murah, Pemerintah pusat seharusnya membantu pemerintah daerah bukan malah membebani, mengurai Kemacetan bukan tugas Pemerintah daerah tetapi tugas Pemerintah Pusat dengan Jajarannya, karena Kemaceten Lalu Lintas diakibatkan oleh Kesemrawutan Lalu Lintas, Kesemrawutan Lalu Lintas itu sendiri adalah akibat dari Lemahnya Manajemen Lalu Lintas dan Angkutan Jalan secara Nasional (Road Safety Action Plan 2005-2010 dan Dekade Aksi Keselamatan Jalan RI 2011.2020 belum menunjukan kemajuan apapun), Program Mobil murah adalah kebijakan ekonomi nasional, Manajemen Lalu Lintas dan Angkutan Jalan negeri kita sekarang ini sedang bermasalah maka Program Mobil murah harus dikaitkan dengan program pembenahan Manajemen Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.
Mengurai Kemacetan bukan dengan mobil murah tetapi dengan menciptakan Lalu Lintas yang Tertib dan Aman, untuk itu Manajemen Lalu Lintas dan Angkutan Jalan lah yang harus dibenahi secara total Nasional karena sangat berpengaruh kepada sendi-sendi kehidupan yang menghambat perkembangan dan kemajuan bangsa. Secara garis besar di bawah ini saya sampaikan apa yang disebut Manajemen Lalu lintas dan Angkutan Jalan secara keseluruhan sebagai berikut :

I. Manajemen Lalu Lintas

* Membangun dan menerapkan sistem yang tegas dan adil
1, Membangun Infrastruktur yang aman dengan rekayasa yang tepat
2. Menyelenggarakan Pendidikan Theori Berlalu Lintas sesuai dengan Undang Undang RI no.22 tahun 2009, dan menyelenggarakan Kursus Keterampilan Mengemudi.
3. Melakukan Sertifikasi Instruktur Mengemudi dan Sekolah Mengemudi.
4. Penerbitan Surat Izin Mengemudi melalui Uji Pemahaman Theori Berlalu Lintas dan Uji Keterampilan Mengemudi.
5. Optimalisasi Ruang Gerak Lalu Lintas.
6. Mengatur arus lalu lintas sesuai fungsi Jalan dan kapasitas ruas jalan.
7. Penegakan aturan yang tegas dan edukatif.

II. Manajemen Angkutan Jalan.

* Membangun Sistem Angkutan Jalan Terpadu :
- Angkutan Dalam dan Luar Kota.
- Angkutan dengan Jalur Jalan tersendiri.
- Jenis Angkutan yang Aman, Ekonomis & Efisien.
- Level, Under, Upper.
- Darat, Udara, Air
27 Sep, 2013 16:41
avatar
Penolakan Jokowi hanya akal-akalan busuk untuk menaikkan popularitas dirinya dan mobil "murah"
18 Sep, 2013 09:58
avatar
Murah Boleh ....tapi Dibatasi....dalam satu rumah notabene orang kaya tidak boleh lebih dari dua mobil pribadi selebihnya disita milik pemerintah dan di musnahkan baru adil...dan tidak bikin macet jalan....
18 Sep, 2013 08:21
avatar

Mungkin kriteria orang yg akan membeli mobil murah harus disaring lagi. Untuk keluarga yang sama sekali belum punya mobil, mungkin mereka diizinkan beli. Tapi untuk yg sudah punya mobil dilarang nambah lagi mobil murah. Biar bagaimanapun, di Jakarta masih ada keluarga yg sebenarnya butuh mobil tapi tidak mampu beli. Tolong dibedakan dengan keluarga2 golongan menengah ke atas, dimana semua anggota keluarganya punya mobil. Nah yang seperti ini yg seharusnya dilarang beli mobil murah.

20 Sep, 2013 07:47
avatar
PT.HR-EXPRESS // MELAYANI KIRIMAN DOCUMENT, PACKET, CARGO WILAYAH JABODETABEK DAN BANDUNG // MELAYANI KIRIMAN KE SELURUH WILAYAH INDONESIA 1-2 SAMPAI KE ALAMAT DG HARGA COMPETITIVE // LOKASI JAKARTA 021.33747432 - 0813.97713894 - 0819.08953674 // DAN JUGA PENJUALAN TICKET PESAWAT JUGA ADA DISINI // MELAYANI JEMPUT BARANG DAN ANTAR TICKET
18 Sep, 2013 10:07
avatar

..... YANG....BILANG...... MOBIL. MURAH... BIKIN... MACET.....

............. ........... ............ ............. ............. ............... ......... ...............

...... SUPAYA.... BELAJAR.....ILMU...TATA..KOTA.......DI..USA...

............. ........... ............ ............. ............. ............... ......... ............

......... ATAU.... MOBIL..NYA... DI,,JUAL...GANTI...YANG..MURAH

18 Sep, 2013 10:04
avatar

..... YANG....BILANG...... MOBIL. MURAH... BIKIN... MACET.....

............. ........... ............ ............. ............. ............... ......... ...............

...... SUPAYA.... SEKOLAH....ILMU...TATA..KOTA.......DI..USA

Laporkan
Bantu kami untuk menjaga lingkungan yang stabil dan sehat dengan melaporkan segala jenis kegiatan ilegal dan tidak sesuai. Jika Anda merasa ada pesan yang melanggarAturan dasarharap isi formulir ini untuk memberitahu moderator. Moderator akan memeriksa laporan Anda dan mengambil tindakan yang dianggap perlu. Jika diperlukan, segala tindakan ilegal akan dilaporkan kepada pihak berwajib.
Kategori
Batas karakter 100