JPNN
Updated: Wed, 08 May 2013 16:39:00 GMT | By JPNN

Panas Menyengat hingga Akhir Mei



JPNN
SURABAYA - Beberapa hari belakang, cuaca di Surabaya terasa lebih panas. Pada siang hari, matahari bersinar terik dengan sedikit awan yang menutupi. Namun hal itu adalah gejala alami yang merupakan tanda terjadinya peralihan cuaca dari musim hujan ke musim panas. 


Informasi yang disampaikan dari BGKG Maritim Surabaya, kondisi itu dipicu oleh minimnya pertumbuhan awan yang diikuti terpaan sinar matahari yang maksimum. 


""Peralihan musim hujan ke kemarau menjadi indikasi kecendrungan suhu yang lebih panas," kata Staf Informasi dan Data BMKG Maritim Eko Prasetyo Surabaya kemarin (7/5).


Menurut Eko, kondisi cuaca yang menyengat tersebut akan terus berlangsung hingga akhir Mei mendatang, karena pada awal Juni sudah mulai masuk kemarau. 


Saat ini pergerakan sumbu matahari berada sedikit di sebelah utara titik ekuator. Posisinya persis berada di 5 derajat lintang utara. Posisi tersebut akan terus bergeser hingga cuaca akan terasa lebih dingin.


Meski akan memasuki musim kemarau, potensi hujan pada bulan ini masih akan tetap terjadi. Namun intensitasnya bersifat ringan dan tidak merata. (mar/end)

0Komentar

poling berita

Menurut Anda, perlukah pemerintah membayar diyat Satinah yang didenda Rp 21 miliar oleh majikannya di Arab?

Thanks for being one of the first people to vote. Results will be available soon. Check for results

  1.  
    25 %
    Perlu
    2.019 respon
  2. 66 %
    Tidak
    5.420 respon
  3.  
    9 %
    Tidak tahu
    756 respon

Total Respon: 8.195
Hasil ini tidak ilmiah. Hasil akan diperbarui tiap menit

Video Berita

Lainnya...

berita internasional

PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft