JPNN
Updated: Sat, 02 Jun 2012 19:34:00 GMT | By JPNN

Monyet Serang Tanaman Cokelat



JPNN

GAYO LEUS - Ratusan monyet setiap harinya menyerang tanaman cokelat milik petani di Desa Perlak, Kecamatan Tripe Jaya, sehingga hasil panen jadi anjlok. Petani harus standby di kebun setiap harinya. Selain hama monyet, coklat milik petani juga mulai diserang oleh penyakit antraks.

Gheucik Desa Perlak, Darmi kepada Rakyat Aceh (Grup JPNN) menyebutkan, tanaman cokelat sebagai salah satu komoditi unggulan masyarakat Desa Perlak, kini kondisinya semakin memprihatinkan.

Serangan berbagai hama akan menjadi kendala bagi peningkatan mutu dan produksi di Desa Perlak yang berjarak sekitar 51 kilometer dan sangat sulit dijangkau. Untuk membasmi serangan monyet, petani menggunakan senapan angin dan selalu menjaga kebun setiap saat. Sementara untuk serangan antraks, kita berharap ada penyuluh yang datang memberikan pengarahan dan cara pemberantasan penyakit antraks tersebut, ujarnya.

Menurutnya, saat ini 80 persen warga desanya memiliki kebun cokelat. Hal tersebut bisa menjadi perhatian pihak terkait.

Anggota DPRK Gayo Lues, Kasim Saman mengatakan, untuk mengatasi serangan hama monyet, kita berharap petugas dari TNGL dan kehutanan harus turun tangan. Bila monyet dibunuh, masyarakat dikuatirkan akan terjadi konflik, ujarnya.

Menyangkut penyakit antraks, Kasim meminta Dinas Perkebunan dan Penyuluh Pertanian dapat melakukan survei dan mencari solusi obat untuk mengatasi penyakit tersebut. Sehingga petani cokelat tidak meraba-raba untuk mencari penyakit antraks. Apalagi penyakit cokelat karena antraks sudah menyerang petani cokelat. (yud)

0Komentar

poling berita

Setujukah Anda terhadap sikap pemerintah yang melegalkan aborsi?

Thanks for being one of the first people to vote. Results will be available soon. Check for results

  1.  
    19 %
    Setuju
    754 respon
  2. 77 %
    Tidak setuju
    3.148 respon
  3.  
    4 %
    Tidak tahu
    170 respon

Total Respon: 4.072
Hasil ini tidak ilmiah. Hasil akan diperbarui tiap menit

Video Berita

Lainnya...

berita internasional

PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft