JPNN
Updated: Fri, 17 Aug 2012 17:17:00 GMT | By JPNN

Menonton Upacara HUT RI di Balik Gerbang Istana



JPNN

JAKARTA - Sinar matahari cukup menyengat siang ini, Jumat (17/8). Namun, itu tak menyurutkan semangat ratusan warga DKI Jakarta untuk menyaksikan dari jarak 200 meter, upacara bendera HUT Kemerdekaan RI ke 67 tahun di Istana Negara, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat. Mereka datang sejak pukul 07.00 hingga saat ini, demi menonton upacara dari balik gerbang Istana Negara. Ini salah satu cara mereka untuk mengisi liburan Lebaran yang bertepatan dengan Hari Lahir Sang Saka Merah Putih tersebut.

Warga yang menonton upacara ini, kebanyakan terdiri dari kaum wanita dan anak-anak. Mereka tampak antusias, meski tak bisa melihat dengan jelas jalannya upacara yang dipimpin oleh Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono. Warga sudah menyiapkan kamera digital dan telepon seluler mereka untuk mengabadikan sebagian kegiatan upacara. Di antaranya pasukan baris-berbaris dari TNI Angkatan Darat, Angkatan Laut dan Angkatan Udara yang melintas memasuki kawasan istana.

Para ayah pun dengan sigap menggendong anak mereka yang ingin menyaksikan barisan TNI-Polri di depan istana. Anak-anak tampaknya berharap dapat melihat Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan Ibu Negara, Ani Yudhoyono dari dekat. Namun, hal tersebut tak mungkin karena penjagaan yang super ketat di Istana.

Di antara sekian banyak pengunjung, ada juga beberapa warga pendatang dari luar Jakarta yang tak ketinggalan ingin menyaksikan upacara tersebut.

Akhirnya bisa lihat dari dekat. Tahun lalu kami hanya bisa melihat dari balik gerbang Monas itu karena penjagaannya ketat sekali, ujar Sergius, pendatang asal Papua.

Ia mengatakan, dua putrinya ingin melihat Presiden. Sayangnya, itu hanya dapat dilakukan dengan melihat melalui sejumlah televisi yang ditempatkan di depan gerbang Istana.

Bukan hanya warga Indonesia, para turis manca negara pun tak ingin kehilangan momen yang menyimpan sejarah untuk bangsa Indonesia ini.

Mereka pun berusaha agar bisa mendekati gerbang istana meski telah dilarang petugas. Para turis ini ternyata ingin mengambil gambar suasana upacara bendera dari dekat. Karena tak diijinkan, akhirnya mereka ikut menonton dengan warga melalui televisi yang disiapkan.

Atraksi pesawat tempur yang memukau dari angkatan bersenjata Indonesia pun akhirnya membius para pengunjung di balik gerbang Istana Negara itu. Mereka bertepuk tangan riuh saat pesawat itu melintas di udara.(flo/jpnn)

0Komentar

poling berita

Yakinkah Anda, politik uang pada Pilpres 2014 kali ini makin marak?

Thanks for being one of the first people to vote. Results will be available soon. Check for results

  1. 75 %
    Yakin
    5.142 respon
  2.  
    18 %
    Tidak yakin
    1.243 respon
  3.  
    7 %
    Tidak tahu
    453 respon

Total Respon: 6.838
Hasil ini tidak ilmiah. Hasil akan diperbarui tiap menit

Video Berita

Lainnya...
PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft