JPNN
Updated: Tue, 24 Sep 2013 19:23:00 GMT | By JPNN

Mabes Polri Kembangkan Kasus Irwasda Polda Lampung



JPNN
JAKARTA - Markas Besar Kepolisian RI masih mendalami dugaan keterlibatan pihak lain dalam kasus penggunaan narkoba jenis sabu-sabu oleh Inspektur Pengawas Daerah Kepolisian Daerah Lampung Komisaris Besar Suyono. Penyidikan ini juga dikembangkan kepada pemasok sabu kepada perwira (pamen) menengah itu yang diduga melibatkan oknum-oknum Polri lainnya.

Kepala Bagian Produksi dan Dokumentasi Divisi Hubungan Masyarakat Polri Kombes Hilman Thayib menjelaskan, saat ini penanganan kasus itu sudah di Divisi Profesi dan Pengamanan Mabes Polri.

"Sejauh ini sudah ada diambil langkah dari Propam Mabes Polri. Intinya Polri tidak akan tinggal diam, kalu ada oknum yang tindakan seperti ini (narkoba)," kata Hilman di Mabes Polri, Senin (24/9).

Kombes Suyono sudah diperiksa Propam Mabes Polri. Bahkan, hasil tes urine positif menggunakan narkoba. Suyono juga sudah diperintahkan untuk menyelesaikan permasalahannya di Mabes Polri.

Apakah akan dipecat? Hilman menjawab diplomatis. "Kita proses sesuai dengan hasil pemeriksaan, terhadap saksi-saksi dan bukti yang ada. Soal pencopotan, itu selanjutnya," beber Hilman.

Lantas apakah Kombes Suyono juga dapat diseret ke proses pidana? Lagi-lagi Hilman memberikan jawaban diplomatis. "Tentu nanti melihat perkembangan penyidikan yang dilakukan," ujarnya. Yang jelas, ia menambahkan, Polri berharap permasalahan ini ditangani sampai tuntas. "Masyarakat silahkan mengawasi," tegasnya.

Seperti diberitakan, pemeriksaan tim Propam Mabes Polri terhadap Suyono sudah selesai. Hasilnya tidak main-main. Suyono yang seharusnya bisa jadi teladan anak buahnya itu positif menggunakan narkoba jenis sabu.

"Urine yang bersangkutan sudah dites. Positif amphetamine atau sabu," ujar Kabag Analisa Evaluasi Divhumas Polri Kombes Rusli Hedyaman di kantornya, Senin (23/09).

Pemeriksaan dilakukan tim gabungan dari Mabes Polri dan juga Polda Lampung. "Sudah dilakukan dan ini hasilnya sedang dilaporkan ke pimpinan," katanya.

Namun, propam Mabes Polri, kata dia, juga tidak menemukan barang bukti sabu dari yang bersangkutan. Kombes Suyono diperiksa ketika sedang berada dikantornya.

Sebelumnya pada Radar Lampung (grup Jawa Pos) Suyono membantah mengkonsumsi narkoba. Suyono hanya menyebutkan pihaknya sedang bermasalah rumah tangga dengan istri. (boy/jpnn)

0Komentar

poling berita

Setujukah Anda terhadap sikap pemerintah yang melegalkan aborsi?

Thanks for being one of the first people to vote. Results will be available soon. Check for results

  1.  
    19 %
    Setuju
    758 respon
  2. 77 %
    Tidak setuju
    3.165 respon
  3.  
    4 %
    Tidak tahu
    171 respon

Total Respon: 4.094
Hasil ini tidak ilmiah. Hasil akan diperbarui tiap menit

Video Berita

Lainnya...

berita internasional

PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft