JPNN
Updated: Sun, 12 May 2013 10:07:00 GMT | By JPNN

Logistik Pilgub Jateng Lengkap



JPNN
SEMUA logistik yang akan digunakan dalam pelaksanaan Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Tengah (Jateng), pada tanggal 26 Mei 2013 mendatang telah diterima Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tegal. Bukan hanya surat suara, tapi semua kelengkapan logistik Pilgub telah diterima KPU. Sehingga dalam waktu dekat, logistik akan didstribusikan ke TPS, melalui Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK).

Ketua KPU Kota Tegal, KH Saifudin Zuhri Madrais SAg, Sabtu (11/5), mengatakan, semua logisttik, termasuk surat suara yang sebelumnya sempat kurang sudah lengkap. Sesuai Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pilgub di Kota Tegal ada 200.470, tapi saat ini surat suara yang telah dilipat dan disortir ada 205.485 surat suara lebih. Sedangkan hasil akhir, surat suara yang rusak ada 162. Surat suara rusak dan tidak bisa digunakan, karena tergunting, sibek, warna tidak jelas. Semua surat suara yang rusak telah dilaporkan ke KPU Provinsi Jateng.

"Semua surat telah kami siapkan, bahkan telah disiapkan atau dipak bersama logistik ke TPS. Sedangkan jumlah TPS, untuk pelaksanaan Pilgub ada 407 TPS, yang tersebar di 27 kelurahan, termasuk TPS khususd di Lapas Tegal," kata Saifudin Zuhri.

Menurut Saifudin, selain surat suara, logistik yang telah diterima KPU Kota Tegal antara lain, formulir C 6 sebanyak 206.470 lembar dan 6.600 segel, tinta sebanyak 814 botol, poster pasangan calon (paslon) 551 eksemplar, dan poster denah 467 eksemplar, poster alur 467 eksemplar, poster visi misi 632 eksemplar.

"Dari semua logistik yang harus dipenuhi, yang belum sampai hanya formulir model D, model DA dan model DB. Namun saat ini dalam proses pengiriman, sehingga dalam jangka waktu sekitar 1 sampai 2 hari sudah sampai di Kota Tegal," tuturnya.

Ditambahkan Saifudin, jumlah kotak suara yang dibutuhkan untuk pelaksanaan Pilgub Jateng, sesuai jumlah tempat pemungutan suara (TPS) yaitu 407 kotak suara. Adapun bilik suara setiap TPS 2 bilik suara. Namun, apabila di satu daerah kurang bilik suara diperbolehkan menggunakan kertas karton sesuai dengan ketentuan.

"Saat ini telah tahapan masa kampanye, bahkan pasangan calon secara resmi telah melakukan debat publik melalui salah satu televisi swasta, Jumat (10/5) malam," tambahnya.

Ketua Panwaslu, Toto Pranoto ST, menyatakan, untuk memastikan kesiapan logistik Pilgub Jateng, pihaknya sengaja datang ke Kantor KPU. Selain melihat kesiapan surat suara, termasuk surat suara yang rusak, pihaknya juga menyiapkan kesiapan logistik yang rusak.

"Kami melihat surat suara yang dilipat dan disortir, menghindari hal-hal tidak diinginkan. Kami harap pengamanan kantor KPU diperketat, mengantisipasi terjadinya kekurangan," tambahnya. (hun)

0Komentar

poling berita

Menurut Anda, perlukah pemerintah membayar diyat Satinah yang didenda Rp 21 miliar oleh majikannya di Arab?

Thanks for being one of the first people to vote. Results will be available soon. Check for results

  1.  
    24 %
    Perlu
    2.372 respon
  2. 67 %
    Tidak
    6.453 respon
  3.  
    9 %
    Tidak tahu
    923 respon

Total Respon: 9.748
Hasil ini tidak ilmiah. Hasil akan diperbarui tiap menit

Video Berita

Lainnya...

berita internasional

PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft