JPNN
Updated: Fri, 27 Sep 2013 05:32:00 GMT | By JPNN

Krisis Listrik Sumut, PLN Sewa Genset ke Dubai



JPNN
JAKARTA - Direktur Utama PLN Nur Pamudji tak mau tinggal diam melihat krisis pasokan listrik di Sumatera Utara dan sekitarnya. Dia mengaku langsung menyambangi Gubernur Sumut untuk memaparkan apa yang sebenarnya terjadi.

"Saya datang ke Gubernur Sumut untuk menginformasikan bahwa Sumut akan alami defisit pasokan listrik. Saya beri penjelasan sampai detail, kalau butuhnya listrik di Sumut segini dan pasokan di sana segini," ujar Nur di Gedung Kementerian BUMN, Jakarta, Kamis (26/9).

Lebih lanjut Nur jelaskan bahwa Sumut mengalami defisit listrik karena tidak mempunyai cadangan pasokan listrik di sana. Terlebih, pembangkit listrik di Sumut sudah waktunya harus dilakukan pemeliharaan pada awal September 2013 karena sudah parah kondisinya. Dua pembangkit yang dilakukan pemeliharaan itu yakni PLTU Labuhan Angin dan PLTGU Belawan.

"Kita cek dan kita buka kondisi pembangkitnya sudah parah, maka harus dipelihara selama 65 hari. Kalau dipaksakan terus beroperasi akan fatal akibatnya," terangnya.

Untuk membuktikan keseriusannya dalam menangani kurangnya pasokan listrik, PLN menyewa beberapa genset untuk tetap memenuhi kebutuhan listrik masyarakat di Sumut sembari menunggu proses pemeliharaan pembangkit selesai. Tak tanggung-tanggun, PLN menyewa genset sampai ke luar negeri.

"Sewa dari luar, dari Singapura, Dubai dan lainnya. Di sana mereka menyediakan sewa pembangkit diesel. Tapi per hari ini kondisi listrik di Sumut lebih bagus dari kemarin," kata Nur. (chi/jpnn)

0Komentar

poling berita

Setujukah Anda terhadap sikap pemerintah yang melegalkan aborsi?

Thanks for being one of the first people to vote. Results will be available soon. Check for results

  1.  
    17 %
    Setuju
    1.325 respon
  2. 79 %
    Tidak setuju
    5.997 respon
  3.  
    4 %
    Tidak tahu
    314 respon

Total Respon: 7.636
Hasil ini tidak ilmiah. Hasil akan diperbarui tiap menit

Video Berita

Lainnya...

berita internasional

PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft