JPNN
Updated: Sat, 04 May 2013 05:25:00 GMT | By JPNN

Korban Narkoba Jangan Ditutup-tutupi



JPNN
JAKARTA - Pemikiran sebagian masyarakat bahwa korban penyalahgunaan narkoba adalah aib, sehingga harus ditutup-tutupi tanpa penanganan yang jelas merupakan pemikiran yang salah. Hal ini ditegaskan Sekjen Granat Ashar Soerjobroto saat ditemui di Kantor BNN, Cawang, Jakarta Timur, Jumat (3/5).

“Mindset sebagian masyarakat ini justru membuat korban masih terus menggunakan narkoba. Dan di tempat lain sang bandar tepuk tangan karena barangnya masih bisa beredar,” tekannya.

Ia mengungkapkan, sikap seperti ini juga tidak akan menyelesaikan masalah. Tapi akan membuat peredaran narkoba tetap subur. “Menutup aib pengguna narkoba sama saja memuluskan pasokan, dan menyuburkan penggunaan narkoba,” kata Ashar.

Ditekankannya, pemikiran tentang penyalagunaan narkoba adalah aib harus diubah, karena jika dibiarkan saja, stigma buruk para penyalahgunaan narkoba akan terus terbentuk. Sehingga korban akan terus berkutat di lubang yang sama, yaitu penyalahgunaan narkoba.

“Sejatinya, para penyalahguna atau pecandu narkoba harus mendapatkan perawatan atau rehabilitasi. Seperti Komitmen Kepala BNN Anang Iskandar bahwa para penyalahguna narkoba ini adalah korban yang harus diberikan layanan rehabilitasi,” tutup Ashar. (ian/jpnn)

0Komentar

poling berita

Menurut Anda, perlukah pemerintah membayar diyat Satinah yang didenda Rp 21 miliar oleh majikannya di Arab?

Thanks for being one of the first people to vote. Results will be available soon. Check for results

  1.  
    25 %
    Perlu
    1.884 respon
  2. 66 %
    Tidak
    5.015 respon
  3.  
    9 %
    Tidak tahu
    699 respon

Total Respon: 7.598
Hasil ini tidak ilmiah. Hasil akan diperbarui tiap menit

Video Berita

Lainnya...

berita internasional

PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft