JPNN
Updated: Fri, 12 Apr 2013 13:40:00 GMT | By JPNN

Kawasan Hutan Lindung Ditanami Sawit



JPNN
PAGIMANA - Kawasan hutan lindung Doko-Dokop, Desa Siuna, Kecamatan Pagimana, Luwuk, Provinsi Sulawesi Tengah, seharusnya terus dilestarikan. Namun, kini sudah menjadi perkebunan kelapa sawit yang diduga milik PT Kurnia Luwuk Sejati (KLS).

Informasi yang berhasil dihimpun Luwuk Post (JPNN Grup), kawasan tersebut belum beralih fungsi menjadi kawasan Areal Penggunaan Lain (APL) maupun kawasan lainnya. Pemerintah dan DPRD setempat berkeinginan untuk mengajukan kawasan tersebut berubah status pelepasan kawasan Hutan Lindung.

Terungkapnya kawasan Hutan Lindung Doko-Dokop telah ditanami sawit setinggi sekira satu hingga dua meter tersebut ketika wartawan koran ini bersama Komisi B DPRD Banggai dan pihak PT KLS mengunjungi perkebunan sawit di Siuna, Kamis (11/4).

Manager Umum PT KLS, Julius Tipa mengakui bahwa perkebunan tersebut berada di areal hutan lindung. Hal senada diakui Kepala Dinas Perkebunan Banggai, And Ayas.

Julius Tipa berdalih, kelapa sawit tersebut ditanam oleh warga yang telah bertahun-tahun mengelola lahan perkebunan. Hanya saja kata Julius yang juga Sekretaris DPD Partai Gerindra Banggai ini, bibit sawit itu berasal dari PT KLS, perusahaan milik Murad Husein. “Bibitnya dari KLS, tapi warga yang tanam,” kata Julius.

Tanaman sawit telah dikerumuni rerumputan yang tumbuh di pinggiran sawit. Hasil pantauan media ini sepertinya sawit tak pernah lagi dibersihkan. “Kita hentikan, karena ini kawasan Hutan Lindung,” tambah Julius Tipa.

Niatan untuk mengajukan pelepasan kawasan Hutan Lindung didasarkan atas kelapa sawit yang telah ditanami. Lagi pula, jalur jalan telah dibangun. Dengan demikian, sangat dimungkinkan lahan-lahan di pinggiran jalan bakal diolah warga, karena akses yang terbuka. (tr-26/fuz/jpnn)

0Komentar

poling berita

Setujukah Anda terhadap sikap pemerintah yang melegalkan aborsi?

Thanks for being one of the first people to vote. Results will be available soon. Check for results

  1.  
    17 %
    Setuju
    1.454 respon
  2. 79 %
    Tidak setuju
    6.605 respon
  3.  
    4 %
    Tidak tahu
    349 respon

Total Respon: 8.408
Hasil ini tidak ilmiah. Hasil akan diperbarui tiap menit

Video Berita

Lainnya...

berita internasional

PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft