JPNN
Updated: Mon, 06 May 2013 02:11:00 GMT | By JPNN

Kasus Penyekapan Buruh Seperti Romusha Era Jepang



JPNN
JAKARTA - Anggota Komisi III DPR, Ahmad Basarah menerangkan kasus penyekapan para buruh di Tangerang merupakan tindakan yang biadab. Ia mengibaratkan bentuk kebiadaban itu seperti kerja paksa Romusha saat jaman penjajahan Jepang.

‎​Tindakan itupun kata Basarah, sama saja dengan menginjak-nginjak harkat dan martabat Bangsa Indonesia secara keseluruhan serta mengkhianati nilai-nilai kemerdekaan Indonesia.

‎​"Tindakan pengusaha dan antek-anteknya yang melakukan kerja paksa dan penyiksaan terhadap pekerja-pekerjanya tersebut sama dengan mengkhianati nilai-nilai kemerdekaan Bangsa Indonesia yang sudah direbut sejak 68 tahun lalu," ujar Basarah kepada JPNN, Minggu (5/5).

Karena itu politikus PDI Perjuangan tersebut meminta aparat negara harus bertindak tegas dan memberikan sanksi pidana terhadap tindakan penyiksaan yang dilakukan pengusaha dan antek-anteknya tersebut.

Selain itu divisi Profesi dan pengamanan Polri sambung dia, juga harus bertindak tegas terhadap oknum Polri yang diduga ikut mendukung aksi pengusaha yang melakukan perbuatan keji tersebut.

‎​Basarah menyatakan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Muhaimin Iskandar juga harus memberikan perlindungan hukum dan jaminan kesehatan kepada para pekerja tersebut. Sebab menurutnya, patut diduga mereka mengalami gangguan kesehatan fisik dan psikis sebagai akibat disekap dan disiksa selama berbulan-bulan lamanya. (gil/jpnn)

0Komentar

poling berita

Setujukah Anda terhadap sikap pemerintah yang melegalkan aborsi?

Thanks for being one of the first people to vote. Results will be available soon. Check for results

  1.  
    17 %
    Setuju
    1.371 respon
  2. 79 %
    Tidak setuju
    6.219 respon
  3.  
    4 %
    Tidak tahu
    322 respon

Total Respon: 7.912
Hasil ini tidak ilmiah. Hasil akan diperbarui tiap menit

Video Berita

Lainnya...

berita internasional

PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft