JPNN
Updated: Mon, 17 Sep 2012 04:31:00 GMT | By JPNN

Kampanye Model Jokowi Bakal Sering Ditiru



JPNN

JAKARTA - Pengamat politik Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Siti Zuhro menilai calon gubernur usungan PDIP dan Gerindra, Joko Widodo telah memberi sumbangan positif pada dunia politik Indonesia. Siti menilai strategi kampanye yang digunakan pemilik nama Jokowi itu telah mengubah cara pandang mengenai kampanye politik.


Menurut Siti, dengan kampanye yang sederhana dan mengutamakan interaksi langsung dengan rakyat, Jokowi mampu memenangkan pilkada DKI putaran pertama. Dengan suksesnya pola kampanye ini, Siti memprediksi di masa depan akan semakin banyak yang menerapkan kampanye ala Jokowi.

Harus kita akui Jokowi telah memberikan virus positif yang mengedepankan warga sebagai pemilih, ujar Siti saat ditemui di Hall Dewan Pers, gedung Jakarta Media Center, Jalan Kebon Sirih, Minggu (16/9).

Menurut Siti, orang pertama yang tertular virus Jokowi adalah cagub incumbent, Fauzi Bowo. Sejak putaran kedua, Fauzi mulai menggunakan pola kampanye yang sama seperti Jokowi dengan mendadak rajin mengunjungi warga, masuk keluar kampung. Padahal, sebelumnya kunjungan seperti ini minim sekali dilakukan pada putaran kedua.

Siti pun berharap di masa yang akan datang cara kampanye seperti ini lebih dipilih dibandingkan menyebar isu-isu SARA atau isu provokatif lainnya. Pasalnya, isu SARA justru membuat pemilih sulit untuk menilai para calon gubernur.

Isu-isu seperti itu justru merupakan distorsi sebab memberikan informasi yang tidak relevan dalam memilih pemimpin kepada pemilih. Akhirnya pemilih justru tidak tahu apa program, visi misi dan rekam jejak para calon, papar Siti. (dil/jpnn)

0Komentar

poling berita

Yakinkah Anda, politik uang pada Pilpres 2014 kali ini makin marak?

Thanks for being one of the first people to vote. Results will be available soon. Check for results

  1. 76 %
    Yakin
    4.577 respon
  2.  
    18 %
    Tidak yakin
    1.060 respon
  3.  
    6 %
    Tidak tahu
    391 respon

Total Respon: 6.028
Hasil ini tidak ilmiah. Hasil akan diperbarui tiap menit

Video Berita

Lainnya...
PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft