JPNN
Updated: Mon, 27 May 2013 06:36:00 GMT | By JPNN

Inilah Sosok Gubernur Jateng Terpilih Versi Quick Count



JPNN
JAKARTA - Pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo dan Heru Sudjatmoko menempati posisi puncak Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Jawa Tengah. Kemenangan itu diketahui dari hasil hitung cepat yang dilakukan oleh lembaga survei.

Berdasarkan situs Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jawa Tengah, Ganjar Pranowo lahir di Karanganyar 28 Oktober 1968. Pria beragama Islam itu memiliki satu orang anak, buah pernikahannya dengan Hj. Siti Atikoh Suprianti, STP, MT, MPP.

Ganjar menjalankan pendidikan sekolah dasar di SDN 1 Kutoarjo. Setelah lulus pada tahun 1981, ia melanjutkan pendidikannya ke SMPN 1 Kutoarjo. Ia tamat SMP pada tahun 1984. Setelah itu, Ganjar melanjutkan sekolahnya ke SMA BOPKRI I Yogyakarta dan lulus pada tahun 1987.

Saat ini Ganjar masih menempuh program Pasca Sarjana Universitas Indonesia dengan mengambil jurusan Ilmu Politik. Sebelumnya ia mengambil jurusan Hukum di Universitas Gadjah Mada.

Semenjak kuliah, Ganjar sudah aktif berkecimpung di berbagai organisasi. Organisasi yang pernah diikutinya antara lain Mapala Majestik FH dan MAPAGAMA UGM 1991 dan Gerakan Demokrat Kampus (GEDEK) 1992 - 1995

Ganjar pun terbilang aktif ketika bergabung dengan PDI Perjuangan. Dalam partai yang dipimpin Megawati Soekarnoputri itu, Ganjar menjadi Ketua Departemen Pemerintahan Nasional DPP PDI Perjuangan 2010 sampai sekarang.

Kemudian pada tahun 2005-2010, ia menjabat sebagai Wakil Kepala Badan Penanggulangan Bencana (BAGUNA) DPP PDI Perjuangan. Ia pernah menjadi anggota Bidang Penggalangan Panitia Pemenangan Pemilu (PAPPU) Pusat PDI Perjuangan pada tahun 2003–2005. Pada tahun 2002-2005, Ganjar menjabat sebagai Deputi I Badan Pendidikan dan Pelatihan Pusat (BADIKLATPUS) PDI Perjuangan.

Sebelum maju menjadi calon Gubernur Jawa Tengah, Ganjar pernah berkarir sebagai Konsultan HRD di PT Prakarsa dari tahun 1995–1999. Selepas itu, Ganjar aktif menjadi seorang anggota dewan. Ia mengeluti banyak posisi saat di DPR.

Ganjar pernah menjabat sebagai anggota Komisi IV DPR RI yang membidangi pertanian, perkebunan, kehutanan, kelautan, perikanan, dan pan­gan. Selan itu ia juga pernah menjadi Wakil Ketua Komisi II DPR RI yang membidangi pemerin­tahan dalam negeri dan otonomi daerah, aparatur negara dan reformasi birokrasi, kepemiluan, perta­nahan dan reformasi agraria.

Ganjar juga pernah aktif menjadi anggota Pansus Angket Bank Century di DPR RI, anggota Timwas Century di DPR RI, Ketua Panitia Khusus RUU tentang partai politik di DPR RI, Ketua Panitia Khusus RUU tentang MPR, DPR, DPDdan DPRD di DPR RI, angota Badan Legislasi DPR RI, Sekretaris Fraksi PDI Perjuangan MPR RI, Sekretaris I Fraksi PDI Perjuangan DPR RI dan Wakil Sekretaris Fraksi PDI Perjuangan DPR RI. (gil/jpnn)

0Komentar

poling berita

Yakinkah Anda, politik uang pada Pilpres 2014 kali ini makin marak?

Thanks for being one of the first people to vote. Results will be available soon. Check for results

  1. 75 %
    Yakin
    5.210 respon
  2.  
    18 %
    Tidak yakin
    1.255 respon
  3.  
    7 %
    Tidak tahu
    457 respon

Total Respon: 6.922
Hasil ini tidak ilmiah. Hasil akan diperbarui tiap menit

Video Berita

Lainnya...
PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft