JPNN
Updated: Sat, 12 Apr 2014 02:25:00 GMT | By JPNN

Inilah Skenario Koalisi Capres 2014



JPNN
JAKARTA - Lingkaran Survei Indonesia (LSI) memperkirakan ada tiga atau empat calon presiden (capres) yang akan bersain pada pemilihan umum presiden (pilpres) 2014. Ada sejumlah skenario yang muncul jika mencermati hasil hitung cepat pemilihan umum legislatif (pileg) 2014.

Peneliti LSI Adjie Alfaraby mengatakan, ada tiga kemungkinan komposisi koalisi jika ada tiga capres yang maju. Komposisi pertama, capres poros koalisi PDIP, capres dari poros koalisi Golkar, dan capres dari poros koalisi Gerindra.

Komposisi kedua, capres dari poros koalisi PDIP, capres dari poros koalisi Golkar, dan capres dari poros koalisi Partai Islam. Ketiga yakni capres dari poros koalisi PDIP, capres dari poros koalisi Golkar, dan capres dari poros koalisi Demokrat.

"PDIP dan Golkar selalu hadir di tiga skenario itu. Yang berubah hanya komposisi ketiga," kata Adjie dalam jumpa pers di kantor LSI, Rawamangun, Jakarta, Jumat (11/4).

Jika ada empat capres yang dimunculkan maka diprediksi ada dua komposisi. Pertama, capres dari poros koalisi PDIP, poros koalisi Golkar, poros koalisi Gerindra, dan poros koalisi Demokrat. Komposisi kedua yakni capres dari poros koalisi PDIP, poros koalisi Golkar, poros koalisi Gerindra, dan poros koalisi partai Islam.

"Jika capres ada empat calon, ada dua skenario dengan poros koalisi Demokrat dan partai Islam," ujar Adjie.(dil/jpnn)

0Komentar

poling berita

Setujukah Anda terhadap sikap pemerintah yang melegalkan aborsi?

Thanks for being one of the first people to vote. Results will be available soon. Check for results

  1.  
    18 %
    Setuju
    822 respon
  2. 78 %
    Tidak setuju
    3.534 respon
  3.  
    4 %
    Tidak tahu
    184 respon

Total Respon: 4.540
Hasil ini tidak ilmiah. Hasil akan diperbarui tiap menit

Video Berita

Lainnya...

berita internasional

PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft