JPNN
Updated: Tue, 11 Dec 2012 20:55:00 GMT | By JPNN

Habibie Dihina Mantan Menteri Malaysia



JPNN

JAKARTA -- Presiden RI ketiga, BJ Habibie dihina mantan Menteri Penerangan Malaysia Zainudin Maidin. Dalam tulisannya yang dimuat di surat kabar Utusan Malaysia Zainudin menyebut bahwa Habibie adalah pengkhianat bangsa.

Salah satu kesalahan Habibie menurut Zainudin adalah telah melepas Timor Timur dari Wilayah Indonesia pada 1999 silam. Beliau mengakhiri jawatan dalam kehinaan setelah menjadi presiden sejak 20 Oktober 1999, tulis Zainudin.

Dalam tulisan berjudul 'Persamaan BJ Habibie dengan Anwar Ibrahim', Zainudin memang mengkritik keduanya. Zainudin menuduh Habibie menjadi gunting dalam lipatan dalam pemerintahan Presiden Indonesia Soeharto. Hal tersebut sama dengan apa yang dilakukan Anwar terhadap pemerintah Mahathir Mohammad.

Nah, puncak penghinaan itu sepertinya berada di akhir tulisan. Pada hakikatnya mereka berdua tidak lebih daripada The Dog Of Imperialism, tulisnya.

Tentu saja tulisan itu membuat beberapa poltisi Indonesia geram. Salah satunya adalah anggota DPR dari Fraksi PAN Teguh Juwarno. Menurut saya itu adalah kalimat tidak senonoh yang tidak layak disampaikan seorang mantan menteri apalagi menteri penerangan, sesal Teguh Juwarno, Selasa (11/12).

Menurut Teguh, meskipun yang bersangkutan mengaku itu pendapat pribadinya, tapi itu tetap saja sungguh tidak elok. Ini kan terkait perseteruan di Malaysia terkait dengan politik lokal. Tapi, jangan kemudian membawa-bawa Habibie yang pernah menjabat sebagai kepala negara Indonesia, kata Teguh.

Dia mengusulkan agar Indonesia menyampaikan protes kepada Malaysia atas pelecehan itu. Di sini menurut saya pelecehan terhadap mantan kepala negara ini memang yang saya usulkan untuk protes, kata dia.

Dia mengatakan, jika betul maka DPR akan melakukan protes yang ditujukan kepada Perdana Menteri Malaysia. Saya pribadi usulannya adalah usir Duta Besar Malaysia. Tapi, ini tergantung keberanian kepala negara kita untuk lakukan itu, ungkapnya.

Lebih jauh dia mengatakan, Komisi I DPR bisa menindaklanjuti masalah ini dengan meminta keterangan dari Dubes Malaysia untuk Indonesia. (boy/mas/jpnn)

18Komentar
11 Des, 2012 16:47
avatar

Tuan ZAINUDIN MAIDIN Yth. Tuan mestinya belajar tentang INDONESIA dari Bangsa Indonesia. Apabila Tuan belum paham benar tentang INDONESIA Janganlah Tuan Ngomong sembarangan.

Kami Bangsa INDONESIA maklum, yang berkata demikian adalah orang BODOH bin BEBAL. Apakah Tuan termasuk kategori yang demikian?

11 Des, 2012 17:31
avatar
Menteri Penerangan Malaysia memang nya bodoh, with no diplomatic skill, uneducated and obviously stupid. I am a Malaysian and I know this. Indonesia must demand an apology from him for insulting the former president of Indonesia.
12 Des, 2012 00:29
avatar
malaysia ... memang ingin perang nampaknya .. saya tetap berpegang kepada statement Presiden Soekarno yang mengatakan bahwa Malaysia adalah Negara yang Tidak mempunyai Konsepsi !!
11 Des, 2012 23:03
avatar
, kon rene...
Tak kekrek raine...!! Ora sopan Blas..!!
12 Des, 2012 15:05
avatar
kata2 pak habiebie adalah solusi yang positif bagi kami utk menjadi lebih baik.
12 Des, 2012 10:18
avatar
Saya salut ama Bp. Habibie, dgn cerdas dan pintar pikirannya walapun dihina oleh bangsa lain yang mantan pejabat besar, dia hanya tertawa tanpa harus membalas dgn komentar yg tdk perlu. Bp. Habibie punya akhlak dan moral serta hati yang mulia yang pantas kita tiru. Jangan kita ikut orang yang lagi kepanasan jiwa nya, ingat fitnah itu nyata dapat balasannya, mari kita tunggu Datok tsb minta maaf bukan ama Bp. Habibie tapi Dia dgn Maha Kuasa.
11 Des, 2012 23:10
avatar
One more Stupid morron from malay,can't believe that the educated man said like that.YO trashcan where yu brain put into?? in yr head or where??? 
11 Des, 2012 22:00
avatar
Pada masa kepresidenannya, Timor Timur dari Negara Kesatuan Republik Indonesia dan menjadi negara terpisah yang berdaulat pada tanggal . Lepasnya Timor Timur di satu sisi memang disesali oleh sebagian warga negara Indonesia, tapi disisi lain membersihkan nama Indonesia yang sering tercemar oleh tuduhan pelanggaran HAM di Timor Timur.
11 Des, 2012 17:41
avatar
masalah sedikit usir, masalah sedikit usir. mau apa toh anggota dpr.. kan bisa secara pribadi minta keterangan kepada yang bersangkutan secara jelas, ya kalau mungkin bisa ia mantan menteri penerangan kita undang baik baik ke indonesia dan disini kita bisa membicarakan isu tsb. toh ini untuk hubungan baik antar kedua negara. tapi memang saya mengakui itu kesalahan diplomasi habibie pada masa pemerintahanya yang singkat itu, kenapa karena ia memberikan referendum kepada masyarakat timor terlalu cepat dan tanpa pertimbangan yang matang. itu terjadi karena tekanan internasional yang begitu kuat karena masalah ham. balik lagi ke masa sekarang ini, dengan keadaan yang telah berubah ada baiknya kita belajar dari masalah tersebut agar Indonesia tidak mengalami masalah disintegrasi bangsa ke depannya.
12 Des, 2012 02:01
avatar
sedih melihat negeri sendiri yang terus dijadikan contoh yg tidak baik oleh negara asing...ini akibat kesalahan orang3 yg mengurus negara ini yg setiap hari sibuk melakukan kerjasama dalam melakukan korupsi...entah hinaan apalagi yg akan dilakukan Malaysia dan negara negara lain kepada negara ini....
Laporkan
Bantu kami untuk menjaga lingkungan yang stabil dan sehat dengan melaporkan segala jenis kegiatan ilegal dan tidak sesuai. Jika Anda merasa ada pesan yang melanggarAturan dasarharap isi formulir ini untuk memberitahu moderator. Moderator akan memeriksa laporan Anda dan mengambil tindakan yang dianggap perlu. Jika diperlukan, segala tindakan ilegal akan dilaporkan kepada pihak berwajib.
Kategori
Batas karakter 100