JPNN
Updated: Thu, 12 Sep 2013 06:52:00 GMT | By JPNN

DPR Mulai Garap RUU Pembentukan 8 Provinsi Baru



JPNN
JAKARTA---Berkas usulan pemekaran 65 daerah resmi diserahkan ke Badan Legislasi (Baleg) DPR RI oleh Komisi II DPR RI. Ke-65 calon daerah pemekaran itu merupakan hasil saringan terhadap 200 usulan calon daerah pemekaran yang telah diterima DPR.

Dari 65 usulan pemekaran yang mulai dibahas di Senayan itu, delapan di antaranya merupakan usulan pembentukan provinsi baru. Yakni Provinsi Pulau Sumbawa, Papua Selatan, Papua Tengah, Papua Barat Daya, Tapanuli, Kepalauan Nias, Kapuas Raya serta Bolaang Mongondow Raya. Lainnya, sebanyak 57 usulan calon kabupaten/kota baru.

"Penyerahan seluruh usulan calon daerah pemekaran tersebut adalah tindaklanjut dari usulan pemekeran daerah yang telah masuk ke Komisi II DPR oleh pengusul atau panitia pemekaran. Selain ke Baleg, usulan tersebut juga disampaikan ke pemerintah melalui Menteri Dalam Negeri," terang Ketua Komisi II DPR Agun Gunanjar di Jakarta, Rabu (11/9).

Penyerahan berkas usulan itu, lanjutnya, juga merupakan bentuk komitmen Komisi II untuk menyelesaikan seluruh proses politik pemekaran daerah di tanah air. Sekaligus menjadi respon Komisi II DPR atas desain besar penataan daerah yang diusulkan Menteri Dalam Negeri beberapa waktu lalu.

“Dalam desain besar itu, sudah ada rancang bangun pengembangan provinsi dan pengembangan kabupaten/kota di tanah air dalam 25 tahun mendatang,” ujarnya.

Dijelaskan Agun, semua aspirasi yang masuk ke Komisi II DPR ditindaklanjuti. "Bagi yang memenuhi kriteria kita proses. Yang mana yang akan disetujui, mana yang ditolak, semua akan kita bicarakan lebih lanjut,” jelasnya.

65 calon daerah itu adalah usulan baru, di luar dari empat calon daerah yang sudah mendapatkan Ampres untuk ditindaklanjuti pembahasan bersama Pemerintah dan DPR. Kempat daerah itu yakni Buton Tengah, Buton Selatan, Kota Raha dan Muna Barat. (esy/jpnn)

0Komentar

poling berita

Menurut Anda, perlukah pemerintah membayar diyat Satinah yang didenda Rp 21 miliar oleh majikannya di Arab?

Thanks for being one of the first people to vote. Results will be available soon. Check for results

  1.  
    25 %
    Perlu
    1.916 respon
  2. 66 %
    Tidak
    5.095 respon
  3.  
    9 %
    Tidak tahu
    712 respon

Total Respon: 7.723
Hasil ini tidak ilmiah. Hasil akan diperbarui tiap menit

Video Berita

Lainnya...

berita internasional

PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft