JPNN
Updated: Sun, 24 Mar 2013 21:27:00 GMT | By JPNN

Bawang dan Cabai Mulai Turun, Harga Tomat Naik



JPNN
BONTANG - Harga cabai, bawang merah, dan bawang putih yang sempat melambung, mulai berangsur turun sejak Sabtu (23/3). Menurut Nurhamida, salah seorang pedagang di Pasar Rawa Indah Bontang mengatakan, harga bawang putih yang meroket hingga menembus angka Rp80 ribu per kilogram beberapa pekan lalu, turun dikisaran Rp40 sampai Rp50 ribu per kilogram. Hal itu juga terjadi pada harga bawang merah yang sempat menembus angka Rp65 ribu per kilogram, kini dikisaran Rp30 ribu hingga Rp45 ribu.

Dia menambahkan, harga bawang merah tadi tergantung dari jenis dan besar bawang .

"Kami beli di agen, harga bawang merah dan putih mulai turun. Kalau agak kecil harganya Rp30 ribu per kilogram, kalau besar bisa sampai Rp45 ribu per kilogram,” kata Nurhamida seperti dilansir Bontang Post, Minggu (24/3).

Begitu juga dengan harga cabai. Dia menambahkan, harga cabai yang sempat menapak dikisaran Rp60 ribu per kilogram turun menjadi Rp36 sampai Rp45 ribu.

Namun, Nurhamida menjelaskan harga tomat sedikit beranjak naik. Jika semula dikisaran Rp8 ribu sampai Rp10 ribu per kilogram, kini dipatok dengan harga Rp12 ribu per kilogram. Selain itu, harga sayur yang lain masih dalam harga normal.

“Kalau tomat memang agak naik, tapi jenis sayur yang lain masih normal,” ujar Nurhamida.

Senada dengan itu, Indra Gunawan, pedagang di Pasar Rawa Indah ini menambahkan, harga cabai, bawang merah, dan bawang putih mengalami penurunan. Namun, kenaikan harga beberapa pekan ini, lebih kepada faktor cuaca serta banyaknya terjadi gagal panen di daerah Jawa.

"Kalau permainan harga saya rasa tidak. Harganya naik lebih karena faktor cuaca dan banyak gagal panen di daerah Jawa,” kata Indra. (hd/fuz/jpnn)

0Komentar

poling berita

Setujukah Anda terhadap sikap pemerintah yang melegalkan aborsi?

Thanks for being one of the first people to vote. Results will be available soon. Check for results

  1.  
    19 %
    Setuju
    566 respon
  2. 77 %
    Tidak setuju
    2.318 respon
  3.  
    4 %
    Tidak tahu
    115 respon

Total Respon: 2.999
Hasil ini tidak ilmiah. Hasil akan diperbarui tiap menit

Video Berita

Lainnya...

berita internasional

PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft