JPNN
Updated: Sat, 15 Jun 2013 06:23:00 GMT | By JPNN

Atasi Konflik Lahan di Riau, DPR Siapkan Pansus



JPNN
JAKARTA - Wakil Ketua Komisi IV DPR, Friman Subagyo menyatakan pihaknya akan mendorong pebentukan Panitia Khusus (Pansus) konflik lahan antara masyarakat Desa Kebun Air Molek, Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) dengan PT Tunggal Perkasa Plantation (TPP). Pasalnya, konflik pertanahan itu sudah menimbulkan korban jiwa.


Menurut Firman, Pansus konflik lahan di Riau itu akan melibatkan Komisi II yang membidangi pertanahan, Komisi III yang membidangi hukum, serta Komisi IV yang membidangi perkebunan. "Pansus itu nantinya akan melibatkan Komisi II, Komisi III dan Komisi IV di bawah koordinasi Wakil Ketua DPR RI Priyo Budi Santoso selaku Timwas Penyelesaian Sengketa Pertanahan dan Konflik Agraria DPR RI," kata Firman saat menerima perwakilan warga Inhu di gedung DPR, Senayan Jakarta, Jumat (14/6).

Dikatakan Firman, kasus ini harusnya bisa diselesaikan oleh Bupati Inhu Yopi Arianto. Tapi, Yopi yang punya kewenangan dalam menjalankan otonomi daerah di Inhu justru melemparkan permasalahan itu ke pusat.

"Ini harusnya menjadi tanggungjawab Pemda, bukan hanya saat Pilkada saja masyarakat diperlukan, tetapi ketika masyarakatnya dibantai tidak mau tanggungjawab. Dan bukan LSM yang melaporkan, harus bupatinya yang proaktif. Ini nggak fair," katanya.

Ditegaskannya, Pemkab Inhu harusnya tidak memperpanjang izin HGU PT TPP karena adanya permasalahan itu. Karenanya Firman menduga ada faktor lain yang membuat PT TPP tetap beroperasi.

"Saya duga dinasnya terima setoran, makanya ketika ada masalah dengan masyarakat terkait izinnya tidak mau menyelesaikan karena takut sama perusahaan," katanya.

Politikus Golkar itu menambahkan, pimpinan DPR sudah memberikan arahan bahwa penyelesaian kasus ini akan didorong melalui Pansus. Komisi IV, lanjutnya, akan segera berkoordinasi dengan Komisi II dan Komisi III untuk segera membentuk Pansus dimaksud.

"Leading sektornya Komisi II dan Komisi IV nantinya akan menugaskan Anggota Komisi IV asal Riau, antara lain Adi Sukemi, Nurliah (Golkar), Wan Abubakar (PPP) dan Ian Siagian (PDIP) untuk duduk dalam Pansus tersebut," ujar dia. (fas/jpnn)

0Komentar

poling berita

Yakinkah Anda, politik uang pada Pilpres 2014 kali ini makin marak?

Thanks for being one of the first people to vote. Results will be available soon. Check for results

  1. 75 %
    Yakin
    5.133 respon
  2.  
    18 %
    Tidak yakin
    1.240 respon
  3.  
    7 %
    Tidak tahu
    453 respon

Total Respon: 6.826
Hasil ini tidak ilmiah. Hasil akan diperbarui tiap menit

Video Berita

Lainnya...
PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft