Updated: Mon, 13 Feb 2012 17:29:00 GMT | By JPNN

Pria Hamil Melahirkan



JPNN

LONDON-Masih ingat dengan Thomas Beatie? Pria transgender asal Amerika Serikat (AS) yang menjadi buah bibir pada 2008 saat hamil dan melahirkan. Saat ini, Beatie yang terlahir sebagai perempuan bernama Tracy Lagondino itu punya tiga anak, yakni satu perempuan dan dua lelaki.

Kisah pria hamil dan melahirkan itu juga ada di Inggris. Organisasi pro-transgender Beaumont Society kemarin (12/2) membeber bahwa untuk kali pertama, seorang pria Inggris hamil dan melahirkan, seperti halnya Beatie. Pria yang namanya dirahasiakan tersebut melahirkan tahun lalu. Dia pun resmi menjadi ibu laki-laki (male mother) pertama di Inggris.

"Pria ini terlahir sebagai perempuan dan kemudian operasi kelamin," terang Joanna Darrell dari Beaumont Society. Seperti halnya Beatie, pria transgender Inggris itu tidak mengangkat rahim dan indung telurnya ketika operasi kelamin. Jadi, dia masih bisa hamil dan melahirkan seperti perempuan normal.

Menurut Darrell, tahun lalu pria itu mengonsultasikan niatnya untuk hamil dan melahirkan bayi kepada Beaumont Society. "Dia minta informasi dan saya merujuknya ke GIRES (Gender Identity Research and Education Society) untuk konsultasi lebih lanjut," ungkapnya. GIRES adalah yayasan amal yang bertugas mengedukasi dan memberikan informasi tentang identitas gender dan isu seksual.

Sejak saat itu, pria transgender tersebut sering konsultasi dengan GIRES. Beaumont Society baru bertemu kembali dengan pria itu setelah dia melahirkan. "Enam bulan lalu, dia mengunjungi kami untuk berterima kasih. Dia mengaku baru melahirkan seorang bayi," tutur Darrell. Tapi, dia tak memberitahu kapan tepatnya pria tersebut melahirkan.

Informasi soal pria transgender Inggris itu tidak terlalu banyak yang diberikan. Darrell hanya mengatakan bahwa dia berusia sekitar 30-an tahun. Sebelum hamil, dia juga menjalani terapi hormon seperti dilakukan Beatie. Dengan begitu, dia bisa kembali mengaktifkan fungsi-fungsi alami rahim dan indung telurnya.

"Setahu saya, hanya dia satu-satunya pria Inggris yang hamil dan melahirkan," kata Darrell. Pria itu melahirkan bayi, yang tak disebutkan jenis kelaminnya, lewat operasi bedah caesar. Selain Beatie dan pria Inggris tadi, sejarah mencatat ada dua pria transgender lain yang pernah hamil dan melahirkan. Mereka adalah Scott Moore dari AS, dan Yuval Topper dari Israel. (PA/dailymail/hep/dwi)

0Komentar

poling berita

Yakinkah Anda, politik uang pada Pilpres 2014 kali ini makin marak?

Thanks for being one of the first people to vote. Results will be available soon. Check for results

  1. 75 %
    Yakin
    5.109 respon
  2.  
    18 %
    Tidak yakin
    1.234 respon
  3.  
    7 %
    Tidak tahu
    451 respon

Total Respon: 6.794
Hasil ini tidak ilmiah. Hasil akan diperbarui tiap menit

Video Berita

Lainnya...
PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft