Bisnis Indonesia Jasa News Feed
Updated: Tue, 08 Jan 2013 17:00:03 GMT | By Bisnis Indonesia Jasa News Feed

TENAGA KERJA: Upah minimum bakal disesuaikan produktivitas



Berita Satu

JAKARTA: Pemerintah mencari solusi dari perhitungan pengupahan pekerja dengan basis produktivitas, menyusul keinginan pekerja dan kalangan pengusaha untuk menetapkan upah minimum sesuai dengan produktivitas kerja.

Menurut Dirjen Pembinaan Pelatihan dan Produktivitas Kemenakertrans Abdul Wahab Bangkona, saat ini menjadi pemikiran pemerintah tentang perhitungan upah pekerja akan disesuaikan dengan produktivitas yang dihasilkannya.

Bahkan, kini pemerintah bersama dengan Asosiasi Pengusaha Indonesia membuat pilot project pengupahan berbasis produktivitas untuk mencari instrumen pendukung perhitungan nilai upah sesuai dengan produktivitas para pekerja.

"Hal itu dilakukan selain karena ada usulan dari pekerja, juga ada banyak negara menerapkan upah dengan menghitung output dari pekerjaan yang dilakukan," ujarnya, Senin (22/10/20120).

Abdul Wahab menjelaskan produktivitas pekerja dalam suatu pekerjaan sangat berpengaruh dalam penentuan upah kerja dan upah kerja adalah salah satu faktor penting dalam menentukan biaya.

Maka dari itu, lanjutnya, perlu dilakukan pengukuran produktivitas tenaga kerja, karena semakin tinggi produktivitas pekerja, akan semakin rendah anggaran yang digunakan dalam suatu proyek untuk membayar upah pekerja.

"Dibutuhkan instrumen yang lebih rinci untuk menerapkan standar produktivitas kerja sebagai pedoman dalam menetapkan upah, seperti persiapan peralatan kerja," ungkapnya. (ra)

0Komentar

poling berita

Yakinkah Anda, politik uang pada Pilpres 2014 kali ini makin marak?

Thanks for being one of the first people to vote. Results will be available soon. Check for results

  1. 75 %
    Yakin
    5.395 respon
  2.  
    18 %
    Tidak yakin
    1.308 respon
  3.  
    7 %
    Tidak tahu
    476 respon

Total Respon: 7.179
Hasil ini tidak ilmiah. Hasil akan diperbarui tiap menit

video berita

PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft