Bisnis Indonesia Nasional News Feed
Updated: Mon, 24 Dec 2012 10:01:37 GMT | By Bisnis Indonesia Nasional News Feed

MUSIBAH BANJIR: Puluhan Rumah Warga Solok Selatan Terendam Banjir



Berita Satu

PADANG-Puluhan rumah warga di inflasmen PT PN6 dan Nagari Sungai Sungkai di Kecamatan Sangir Balai Janggo, Kabupaten Solok Selatan, Sumatra Barat kembali terendam banjir setinggi satu meter sejak pukul 00.00 WIB, Sabtu pagi (22/12).

Kepala Bidang kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Solok Selatan Mukhnizen menyebutkan banjir yang merendam sedikitnya 48 rumah warga yang berada di pinggi sungai tersebut disebabkan meluapnya Sungai Batang Pangaian yang melintasi inflasmen PT PN6 dan Nagari Sungai Sungkai.

“Hujan yang terjadi di daerah itu sejak Jumat (21/12) malam menyebabkan Sungai Batang Pangian meluap dan merendam sedikitanya 48 rumah warga yang berada di inflasmen PT PN6 dan Sungai Sungkai,” katanya.

Warga yang rumahnya terendam banjir menyelamatkan diri ke rumah tetangganya yang berada di daerah yang lebih tinggi. "Rumah-rumah warga yang terendam air ini berada di pinggir sungai. Mereka menyelamatkan diri ke rumah-rumah tetangga yang tidak terendam banjir yang berada di daerah yang lebih tinggi,” ujarnya.

Dari informasi sementara, bencana terjadi tidak menimbulkan korban jiwa, dan tidak merusak fasilitas umum serta rumah warga.

“Berdasarkan informasi awal, banjir hanya merendam rumah warga. Kami terus memantau informasi perkembangan banjir dan telah menurunkan personil untuk membantu warga yang kebanjiran”.

Menurutnya, kondisi banjir saat ini mulai surut dan sebagian warga mulai kembali ke rumah untuk membersihkan material yang dibawa banjir.

Banjir bandang dengan membawa material lumpur, pasir, kayu dan bebatuan juga melanda kabupaten yang mekar pada 2004 dari Kabupaten Solok ini pada 13 Desember lalu.

Banjir bandang atau warga setempat menyebutnya "galodo", yang menerjang Nagari Pakan Rabaa Timur dan Pakan Rabaa, Kecamatan Koto Parik Gadang Diateh ini menyebabkan dua orang meninggal dunia akibat terseret banjir dan sedikitnya 175 rumah rusak berat dan ringan serta merusak fasilitas umum dengan kerugian lebih dari Rp9 miliar. (antara/yus)

0Komentar

poling berita

Setujukah Anda terhadap sikap pemerintah yang melegalkan aborsi?

Thanks for being one of the first people to vote. Results will be available soon. Check for results

  1.  
    17 %
    Setuju
    1.304 respon
  2. 79 %
    Tidak setuju
    5.852 respon
  3.  
    4 %
    Tidak tahu
    310 respon

Total Respon: 7.466
Hasil ini tidak ilmiah. Hasil akan diperbarui tiap menit

video berita

berita internasional

PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft