Bisnis Indonesia Media News Feed
Updated: Tue, 08 Jan 2013 17:00:05 GMT | By Bisnis Indonesia Media News Feed

BISNIS INDONESIA HARI INI: Target pertumbuhan industri 2013 ambisius



Berita Satu

JAKARTA: Koran Bisnis Indonesia edisi hari ini, Senin, 15 Desember 2012, mengangkat berita utama tentang 4 saham bank pelat merah yang masih layak dikoleksi.

Anda dapat menyimak berita utama tersebut selengkapnya, juga berita-berita lainnya, melalui e-paper dengan mengakses alamat di alamat link http://epaper.bisnis.com/.

Untuk menyimak e-paper Bisnis Indonesia, silakan registrasi di http://epaper.bisnis.com/index.php/Home. Berikut ini kilasa sajian informasi koran Bisnis Indonesia edisi cetak Selasa, 18 Desember 2012.

Hal 1

PERTUMBUHAN INDUSTRI : 'Target 2013 Ambisius'

Pemerintah dinilai terlalu ambisius dalam memetakan pertumbuhan industri pengolahan pada tahun depan karena tidak sebanding dengan tantangan yang dihadapi sektor ini.

PROSPEK INFRASTRUKTUR : Emiten Siap Menggeliat

Kinerja saham emiten infrastruktur akan makin bersinar pada tahun depan seiring dengan dilaksanakannya program-program Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia.

PERTUMBUHAN EKONOMI 2013 : Subsidi Energi & Isu Perburuhan Harus Diwaspadai

Armida S. Alisjahbana, Menteri Negara Perencanaan dan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Bappenas, mengatakan kinerja pertumbuhan ekonomi Indonesia pada tahun depan dibayangi oleh sejumlah risiko yang mesti diwaspadai.

Hal 2

Ironi Insentif Investasi

Mayoritas anggaran APBN 2012 untuk pos BM-DTP (bea masuk ditanggung pemerintah) Rp256,8 miliar akhirnya harus dikembalikan ke bendahara negara. Pemerintah berkelit para investor terlambat memenuhi persyaratan mendapatkan insentif investasi tersebut, sedangkan investor menyalahkan pemerintah soal beratnya persyaratan administratif yang harus dipenuhi.

Hal 3

INSENTIF PADAT KARYA : Diskon PPh 21 Disiapkan

Pemerintah menyiapkan insentif fiskal berupa pengurangan pajak penghasilan atas karyawan (PPh 21) di sektor padat karya guna mengejar target penyerapan 1 juta tenaga kerja pada 2013.

Hal 4

PEMILU JEPANG : LDP Janjikan Stimulus Fiskal

Kemenangan Partai Demokratik Liberal (Liberal Democratic Party/LDP) dalam pemilihan umum (pemilu) di Jepang yang diselenggarakan Minggu (16/12) waktu setempat semakin memuluskan jalan bagi stimulus

Hal 5

BISNIS KONDOMINIUM : Pasar Tahun Depan Kian Kompetitif

Sebanyak 57.318 unit kondominium baru diprediksi diluncurkan ke pasar Jakarta dan sekitarnya pada 2013, yang akan membuat pasar semakin kompetitif.

Hal 6

TOL SERPONG-BALARAJA : Konstruksi Dibangun Akhir 2013

Lelang investasi proyek jalan tol Serpong-Balaraja senilai Rp5,2 triliun diperkirakan baru dilaksanakan pada semester II/ 2013, sehingga pembangunan konstruksinya baru dilaksanakan pada akhir 2013 atau awal 2014.

Hal 7

IMPLEMENTASI UU NO. 4/2009 : 2013, Sektor Tambang Rebound

Anjloknya harga komoditas pertambangan di sepanjang 2012 membuat sejumlah pelaku usaha pertambangan memutar otak untuk mempertahankan usahanya.

Hal 8

MOBIL IMPOR : Batam Desak Regulasi Pembatasan

Pemkot Batam menilai pembatasan mobil impor sudah mendesak digulirkan, meskipun daerah itu masuk dalam kawasan perdagangan bebas.

Hal 9

FORMASI PEGAWAI DKI : Jokowi Kaji Lelang Jabatan

Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo akan mengkaji penerapan lelang jabatan di lingkungan pe merintah provinsi untuk memastikan pejabat pengelola daerah memiliki kompetensi yang dibutuhkan.

Hal 10

Lochte Borong Delapan Medali

Perenang Amerika Serikat (AS), Ryan Lochte, mengakhiri penampilan cemerlangnya di kejuaraan dunia di Istanbul, Turki, dengan memenangi medali emas di nomor estafet 4x100 meter gaya ganti dan nomor 100 meter gaya ganti perorangan, Minggu (16/12) waktu setempat.

Hal 11

HAK CIPTA PERTAMBANGAN : Holcim Indonesia Menang Gugatan

Majelis hakim pada Pengadilan Niaga Jakarta Pusat mengabulkan gugatan pembatalan hak cipta rumusan penghitungan ganti rugi lahan pertambangan golongan C yang diajukan oleh PT Holcim Indonesia Tbk.

Hal 12

REGULASI KETENAGAKERJAAN : Pemerintah Susun Skema Baru

Pemerintah menyiapkan skema kebijakan baru untuk menciptakan lapangan pekerjaan baru bagi 1 juta orang. Negara akan mempermudah akses permodalan, pemberian insentif perpajakan sektor industri serta membentuk balai pelatihan kerja pada 2013.

Seksi Market

Hal 13

EVALUASI SEKTORAL : Tak Semua Emiten Infrastruktur Kebal Krisis

Return indeks sektor infrastruktur, utilitas, dan transportasi menjelang akhir tahun menempati posisi kedua tertinggi setelah sektor properti.

Hal 14

TRANSPARANSI EMITEN : Perilaku Perusahaan Terbuka Tapi ‘Tertutup’

Pada saat saya menerima surat penugasan untuk meliput isu pasar modal pada Maret 2011, asumsi yang terbangun dalam benak saya kala itu adalah it will be so easy to do, mengingat status go public yang disandang oleh perusahaan yang berarti keterbukaan informasi bukan menjadi masalah seperti pada perusahaan yang masih berstatus private company.

Hal 15

VALUASI PJAA : Antara Properti dan Rekreasi

Banyak cara yang dilakukan perusahaan publik untuk meningkatkan pendapatan dan men jadikan saham semakin likuid di bursa, sa lah satunya dengan melakukan ekspansi bisnis baru.

Hal 16

PEMBIAYAAN BUMN ; BRI Siapkan Dana Rp56 Triliun

PT Bank Rakyat Indonesia Tbk membidik pertumbuhan penyaluran kredit kepada BUMN sekitar 20% menjadi Rp56 triliun pada tahun depan.

Hal 17

KINERJA REASURANSI ; Hasil Underwriting Tumbuh 97%

Hasil pengelolaan premi atau underwriting perusahaan reasuransi nasional tumbuh 97,1% menjadi Rp127,37 miliar per akhir kuartal III/2012 dibandingkan dengan Rp64,63 miliar pada kuartal III tahun lalu.

Hal 18

EFEK FISCAL CLIFF ; US$147 Juta 'Minggat' dari Bursa Komoditas

Dana keluar dari pasar komoditas mencapai US$147 juta pada pekan yang berakhir 12 Desember, setelah Federal Reserve mengatakan kebuntuan pembahasan anggaran Amerika Serikat bisa memperbesar risiko lesunya permintaan.

Hal 24

PROSPEK EKONOMI ; Menatap Bangga Indonesia

Asean miracle, Asean jewelry, dan ekonomi ke-7 terbesar di dunia pada 2030. Itulah prospek Indonesia dalam jangka menengah.

Hal 25

INDUSTRI MINUMAN BERSODA ; Pelaku Industri Tolak Cukai

Pelaku industri minuman ringan menolak pengenaan cukai pada minuman bersoda karena dinilai tidak tepat dan tidak memenuhi karakteristik produk yang dikenai bea berdasarkan UU No 23/2007.

Hal 26

PRODUKSI GULA ; PTPN X Targetkan 538.000 Ton

PT Perkebunan Nusantara (PTPN) X mengincar produksi gula sebesar 538.000 ton pada 2013. Angka ini naik dari realisasi produksi pada tahun ini sekitar 494.000 ton. Adapun tahun lalu, perusahaan perkebunan pelat merah tersebut mampu memproduksi gula sebesar 446.493 ton.

Hal 27

INDUSTRI TEKNOLOGI INFORMASI ; Belanja TIK Naik 10,6% pada 2013

Belanja teknologi, informasi, dan komunikasi di Indonesia naik 10,6% menjadi US$32,8 miliar pada tahun depan dibandingkan dengan tahun lalu seiring dengan peningkatan permintaan untuk mendukung bisnis.

Hal 28

KESEJAHTERAAN PELAUT ; RI Ratifikasi Konvensi Pekerja

Kementerian Perhubungan akan meratifikasi konvensi internasional mengenai pekerja maritim atau Maritime Labour Convention 2006 seiring dengan upaya pemerintah mengakomodasi perjanjian internasional.

Hal 29

RADAR MATI ; Kemenhub Didesak Gelar Investigasi

Indonesia National Air Carriers Association mendesak pemerintah menginvestigasi insiden matinya radar di Bandara Soekarno-Hatta Cengkareng yang memicu puluhan keterlambatan penerbangan hingga pengalihan pendaratan.

Hal 30

PEMBAYARAN UPAH MINIMUM ; Industri Kecil Diberikan Dispensasi

Pemerintah berencana memberikan dispensasi kepada sejumlah sektor industri untuk membayarkan gaji lebih rendah dari ketentuan upah minimum provinsi atau UMP

Hal 31

UU KOPERASI ; Pemerintah Kurangi Intervensi Pengembangan Koperasi

Pengambil kebijakan mengurangi campur tangan dalam pengembangan koperasi di Indonesia melalui penerbitan UU No. 17/2012 tentang Perkoperasian.

Hal 32

PROYEK MOBNAS ; Segmen Mobil Kecil Disiapkan

Segmen mobil kecil bermesin di bawah 1.000 cc akan disiapkan bagi mobil nasional agar mampu bersaing dengan produk milik prinsipal asing di pasar dalam negeri.(Bsi)

0Komentar

poling berita

Yakinkah Anda, politik uang pada Pilpres 2014 kali ini makin marak?

Thanks for being one of the first people to vote. Results will be available soon. Check for results

  1. 75 %
    Yakin
    5.224 respon
  2.  
    18 %
    Tidak yakin
    1.260 respon
  3.  
    7 %
    Tidak tahu
    460 respon

Total Respon: 6.944
Hasil ini tidak ilmiah. Hasil akan diperbarui tiap menit

video berita

PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft