Updated: Wed, 22 Aug 2012 11:08:00 GMT | By BeritaSatu.com Feed kanal Nasional

Terlibat Bentrok Sigi, Anggota TNI Ditangkap



Berita Satu

BERITASATU.COM - Anggota TNI itu sedang cuti Lebaran Idul Fitri dan kembali ke kampungnya.

Seorang oknum anggota TNI yang bertugas di Timika akhirnya ditangkap, karena diduga terlibat bentrok antarwarga di Kecamatan Marawola, Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah, 20-21 Agustus.

"Namanya Mohammad Rizki, dia anggota Kavaleri di Timika. Sekarang sudah ditahan di Denpom Palu," kata Komandan Korem 132 Tadulako Kolonel Inf Marga Taufik di Palu, hari ini.

Dalam pertemuan perdamaian antarwarga yang difasilitasi Gubernur Sulawesi Tengah di Kantor Gubernur, ia mengatakan, oknum anggota TNI tersebut sedang cuti Lebaran Idul Fitri dan kembali ke kampungnya.

Yang bersangkutan kebetulan salah seorang putera daerah di salah satu desa di Marawola. Taufik mengatakan, oknum anggota TNI tersebut kedapatan memegang dum-dum (salah satu jenis senjata rakitan). Dum-dum itu meledak di tangan oknum TNI tersebut dan hampir membuat yang bersangkutan buta.

"Dia tidak tahu pegang dum-dum akhirnya meledak di tangannya. Matanya hampir buta," katanya.

Dia mengatakan, oknum anggota TNI yang cuti tersebut bukannya membangun silaturahmi dengan keluarga di kampung halaman, namun justru terlibat dalam konflik antarwarga.

Selain Mohammad Rizki, TNI juga sedang melacak salah seorang anggota TNI di Koramil Marawola yang diduga juga terlibat dalam bentrok antarwarga. Namun kata Taufik, TNI belum bisa memastikan keterlibatannya. "Kita mau cari tahu dulu sejauhmana keterlibatannya," katanya.

Taufik mengatakan, oknum TNI bernama Rizki masih ada hubungan keluarga dengan oknum anggota TNI yang bertugas di Koramil Morowali tersebut. Menurut Taufik, masyarakat tidak perlu ragu jika ada oknum TNI yang diduga terlibat dalam setiap bentrok maupun sebagai provokator akan ditindak tegas.

Dalam menangani aksi bentrok warga, TNI akan bertindak tegas terhadap siapa saja yang terlibat. Dia mengatakan, TNI memiliki alasan kuat untuk tindakannya, karena atas permintaan Bupati Sigi dan Kapolda Sulawesi Tengah untuk membantu menangani konflik di Sigi.

Pertemuan perdamaian yang dilakukan di kantor gubernur membuahkan hasil berupa janji perdamaian seluruh desa yang terlibat bentrok di wilayah Sigi.

0Komentar

poling berita

Setujukah Anda terhadap sikap pemerintah yang melegalkan aborsi?

Thanks for being one of the first people to vote. Results will be available soon. Check for results

  1.  
    17 %
    Setuju
    1.371 respon
  2. 79 %
    Tidak setuju
    6.219 respon
  3.  
    4 %
    Tidak tahu
    322 respon

Total Respon: 7.912
Hasil ini tidak ilmiah. Hasil akan diperbarui tiap menit

Video Berita

Berita Internasional

PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft