BeritaSatu Logo
Updated: Sat, 24 Nov 2012 10:11:00 GMT | By BeritaSatu.com Feed kanal peristiwa-megapolitan

Polda Metro Optimalkan Fungsi Babinkamtibmas



Berita Satu

BERITASATU.COM - Babinkamtibmas juga berperan menjadi intelijen.

Polda Metro Jaya bakal mengoptimalkan peran Badan Pembinaan Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Babinkamtibmas) untuk menjaga keamanan dan ketertiban di wilayah Ibu Kota Jakarta. Diharapkan, Babinkamtibmas bisa menjadi mediator di tengah permasalahan masyarakat.

"Saya akan mengedepankan soft power dalam memelihara kamtibmas. Pengamanan diaplikasikan dalam fungsi preemtif dan preventif. Tadi saya sudah memberikan arahan untuk mengoptimalkan Babinkamtibmas guna menciptakan Kamtibmas. Menyampaikan kepada mereka untuk menjadi mediator," ujar Kapolda Metro Jaya, Irjen (Pol) Putut Eko Bayu Seno, di Mapolda Metro Jaya, Jumat (23/11).

Putut menyampaikan, Babinkamtibmas juga berperan menjadi intelijen. Petugas diwajibkan menyambangi dua rumah warga per hari.

"Saya wajibkan, minimal dua rumah yang mereka sambangi dalam sehari. Sampaikan penyuluhan hukum, bahaya akibat narkoba, kalau ada informasi narkoba hubungi ke mana. Kembali dari kunjungan itu, mereka tinggalkan kartu nama. Risikonya, mereka harus siap 24 jam dihubungi. Saya akan cek. Semua nomor Babinkamtibmas akan saya minta. Melalui kunjungan itu, mata dan telinga harus terbuka. Ada yang dicurigai, angkat ke atas. Kapolsek dan Serse akan melakukan penyidikan," jelasnya.

Ke depan, ungkap Putut, kepolisian juga akan meningkatkan sinergi dengan TNI dan pemerintah dalam menciptakan kamtibmas di tengah masyarakat. "Nanti akan sinergi antara Babinkamtibmas dengan Babinsa dan Lurah, guna menyelesaikan masalah dan menciptakan kamtibmas," paparnya.

Sementara itu, terkait permasalahan kemacetan, Putut mengaku bakal menggelar pasukan sebanyak mungkin ke jalanan.

"Memang macet total, tapi yang penting, polisi ada di lokasi. Selain bertugas mengurai, agar tak ada gedor-gedor kaca, congkel spion, atau marah-marah di jalan. Diharapkan, polisi juga memberikan informasi kepada pengguna jalan. Mungkin kemacetan karena banjir, kecelakaan, atau (karena) volume kendaraan. Jadi ada kepastian. Kalau ada polisi, pengguna jalan tenang," terangnya.

Lebih jauh, Putut menyampaikan akan menerapkan metode ketika dia menjabat Kapolda Jawa Barat, ke Jakarta. Salah satunya adalah polisi peduli pengangguran.

"Saya menerapkan polisi peduli pengangguran. Menurut data, 60 persen pelaku kejahatan adalah pengangguran. Pengangguran (adalah) embrio konflik sosial. Saya punya program itu. Kemarin sudah launching di KP3 (Tanjung Priok). Saya kerja sama dengan Dinas Peternakan, Perikanan, juga koordinasi dengan pengusaha. Kemarin, menghasilkan 1.000 orang produktif, yang sebelumnya tak punya pekerjaan jadi punya," paparnya.

Putut menuturkan, melalui terobosan ini, diharapkan tingkat kejahatan bisa menurun. Nanti, mereka (para pekerja baru) itu akan menjadi binaan Polri.

"Ini menjadi binaan Polri. Polres akan memonitor pekerjaannya bagaimana. Yang keluar pun dimonitor, kenapa dia keluar. Dengan terobosan ini, saya harap tingkat pengangguran dan kriminalitas turun," ungkapnya.

Selain peduli pengangguran, ucap Putut, ada juga yang namanya polisi peduli pendidikan. Di mana salah satu yang dijalankan adalah pembinaan mental di Sekolah Kepolisian Negara (SPN) Lido.

"Contohnya pembinaan siswa di Lido dan Polisi Siswa. Kategori Polisi Siswa adalah siswa baik, pintar, dan disegani. Diajarkan bagaimana menggeledah, memberikan informasi kepada petugas, misalnya akan terjadi tawuran. Ada lagi Polisi Cilik. (Kita) Melatih siswa SD untuk menanamkan disiplin tinggi. Dilatih PBB, anti narkoba, jangan melanggar hukum. Minta bantuan TNI untuk memberikan arahan bagaimana bela dan cinta negara. Nantinya, kalau dewasa (diharapkan) masih ingat. Syukur-syukur bisa ikut Paskribaka atau masuk Akpol," katanya.

0Komentar

poling berita

Yakinkah Anda, politik uang pada Pilpres 2014 kali ini makin marak?

Thanks for being one of the first people to vote. Results will be available soon. Check for results

  1. 75 %
    Yakin
    5.399 respon
  2.  
    18 %
    Tidak yakin
    1.311 respon
  3.  
    7 %
    Tidak tahu
    477 respon

Total Respon: 7.187
Hasil ini tidak ilmiah. Hasil akan diperbarui tiap menit

Video Berita

PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft