BeritaSatu Logo
Updated: Fri, 31 Aug 2012 17:08:00 GMT | By BeritaSatu.com Feed kanal nusantara

Peringatan Tsunami Untuk Indonesia Dicabut



Berita Satu

BERITASATU.COM - Ancaman tsunami telah lewat dan sejumlah wilayah termasuk Filipina sendiri bisa dinyatakan aman

Peringatan tsunami untuk wilayah Indonesia akhirnya dicabut setelah gempa berkekuatan 7,9 skala Richter menghantam Filipina bagian tengah, Jumat malam ini.

Badan kegempaan Amerika Serikat, seperti yang dikutip Reuters, mengatakan bahwa tidak ada tsunami yang disebabkan oleh gempa yang berpusat di 139 km di timur kota Sulangan, sebelah timur Samar, Filipina.

Pusat Peringatan Tsunami Pasifik mengatakan ancaman tsunami telah lewat dan sejumlah wilayah termasuk Filipina sendiri bisa dinyatakan aman dari gelombang tsunami.

Seperti yang diberitakan sebelumnya gempa berkekuatan 7,9 skala Richter menghantam timur Filipina dan dikabarkan berpotensi menyebabkan tsunami di sejumlah kepulauan Indonesia, Taiwan, dan Jepang.

Badan geologi AS mengatakan gempa yang berpusat di perairan berkedalaman 34 kilometer itu terjadi pada pukul 8.47 malam Waktu Indonesia Tengah.

BMKG sebelumnya telah menyampaikan informasi kepada Posko BNPB adanya potensi tsunami level siaga di Sorong dan Raja Empat. Tsunami diperkirakan 0,5 meter di Sulawesi Utara, Maluku Utara, dan Papua Barat pada pukul 23.00 waktu Indonesia Timur.

Posko BNPB telah menyampaikan potensi tsunami kepada BPBD Sulawesi Utara, BPBD Maluku Utara dan BPBD Papua Barat agar masyarakat menjauhi pantai. Masyarakat diimbau tetap tenang dan melakukan antisipasi.

0Komentar

poling berita

Yakinkah Anda, politik uang pada Pilpres 2014 kali ini makin marak?

Thanks for being one of the first people to vote. Results will be available soon. Check for results

  1. 76 %
    Yakin
    4.771 respon
  2.  
    18 %
    Tidak yakin
    1.118 respon
  3.  
    6 %
    Tidak tahu
    411 respon

Total Respon: 6.300
Hasil ini tidak ilmiah. Hasil akan diperbarui tiap menit

Video Berita

PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft