BeritaSatu Logo
Updated: Sat, 01 Sep 2012 12:09:00 GMT | By BeritaSatu.com Feed kanal nusantara

Hiu Terbang Milik Angkatan Udara RI



Berita Satu

BERITASATU.COM - Pemilihan warna disesuaikan dengan kondisi alam dan geografis di Indonesia.

Empat pesawat tempur taktis Super Tucano EMB-314 yang baru mendarat di Pangkalan Udara Halim Perdanakusuma, Jakarta, memiliki warna dasar loreng abu-abu dengan tambahan lukisan moncong hiu berwarna merah.

“Pemilihan warna ini sudah dibahas dan sesuai survei akan cocok dengan kondisi alam dan geografis di Indonesia. Sebab, bisa digunakan untuk kamuflase,” ujar Wakil KSAU Marsdya Dede Rusamsi saat menyambut kedatangan empat pesawat tersebut di Lanud TNI-AU Halim Perdanakusuma hari ini.

Sedangkan lukisan moncong hiu berwarna merah, menurut Dede, sesuai dengan tradisi Skuadron Udara 21 sejak pesawat P-51 Mustang. Keempat pesawat yang sudah tiba dan 12 pesawat yang lain yang merupakan pesanan TNI AU dari pabrik kapal terbang asal Brazil, Empresa Braziliera de Aeronautica (Embraer) ini akan berada dalam naungan Skuadron Udara 21 yang berbasis di Lanud Abdurrahman Saleh di Malang, Jawa Timur.

Empat pesawat ini adalah pengiriman pertama dari total 16 pesawat tempur taktis ringan yang bermesin tunggal dan berdaya 1600 tenaga kuda yang dipesan oleh TNI AU.

Dede mengatakan bahwa pesawat dalam tugas operasi, pesawat ini akan digunakan untuk mendukung operasi mengawal perbatasan darat dan perairan, melawan terorisme, mengawal alur laut kepulauan, mengawasi penyelundupan di udara, darat dan perairan, mendukung operasi pasukan darat dan laut, operasi pertahanan udara secara terbatas, serta dukungan pengintaian dan seranga udara.

“Kemampuan terbangnya yang dari kecepatan rendah hingga sedang mampu mendukung operasi pertahanan udara terhadap pesawat siluman berukuran kecil dan berkecepatan rendah seperti helikopter, pesawat propeller dan pesawat tanpa awak,” ujar Dede.

Pesawat Super Tucano ini memiliki berat maksimum 5.4 ton yang mampu membawa senjata seberat maksimum 1550 kilogram dan dengan bahan bakar avtur yang diisi pada tanki bahan bakar internal sebanyak 648 liter, pesawat ini mampu terbang sejauh 1400 kilometer atau 3.5 jam terbang.

“Bila dengan tanki tambahan, pesawat akan mampu terbang lebih jauh hingga 2.855 kilometer atau 7.5 jam terbang,” ujar Dede.

0Komentar

poling berita

Setujukah Anda terhadap sikap pemerintah yang melegalkan aborsi?

Thanks for being one of the first people to vote. Results will be available soon. Check for results

  1.  
    17 %
    Setuju
    1.395 respon
  2. 79 %
    Tidak setuju
    6.332 respon
  3.  
    4 %
    Tidak tahu
    335 respon

Total Respon: 8.062
Hasil ini tidak ilmiah. Hasil akan diperbarui tiap menit

Video Berita

Berita Internasional

PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft