Tue, 14 Feb 2012 17:13:26 GMT | By beritasatu

Anas Disebut Terlibat Kasus Korupsi UNJ

"Dalam pemeriksaan kasus dugaan korupsi di UNJ kemarin ada disebut AU (Anas Urbaningrum). Dia dikatakan bisa mengatur, dalam artian memberi perintah ke Rosa."


Anas Kembali Disebut terlibat korupsi di UNJ (© beritasatu)

Ketua Umum Partai Demokrat, Anas Urbaningrum, diduga terlibat dalam kasus dugaan korupsi pengadaan peralatan laboratorium di Universitas Negeri Jakarta (UNJ) tahun 2010, yang sedang ditangani oleh kejaksaan agung (Kejagung).

Nama Anas disebut, masuk dalam materi pertanyaan yang ditanyakan kepada saksi Mindo Rosalina Manullang (Rosa) oleh jaksa penyidik Kejagung.

"Dalam pemeriksaan kasus dugaan korupsi di UNJ kemarin ada disebut AU (Anas Urbaningrum). Dia dikatakan bisa mengatur, dalam artian memberi perintah ke Rosa," kata kuasa hukum Rosa, Ahmad Rifai, ketika ditemui di Kantor Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), di Jakarta, Selasa (14/02), seperti ditulis laman beritasatu.com.

Ahmad menjelaskan kliennya ditanyai penyidik Kejagung dalam pembuatan Berita Acara Pemeriksaan (BAP) kasus korupsi UNJ, terkait siapa yang dapat memerintahnya.

Rosa menjawab, yang dapat memerintah adalah MN (Muhammad Nazaruddin) dan AU.

Ahmad tidak menyebutkan jelas peran Anas dalam kasus dugaan korupsi di UNJ tersebut, hanya mengatakan AU bisa mengatur atau memerintahkan Rosa.

Rosa tidak pernah berjalan tanpa ada perintah.

"Di grup yang lain, memang ada nama AU juga. Termasuk yang bisa mengendalikan Permai Grup, memang dia (AU)," ungkap Ahmad.

Rosa Melapor ke MN dan AU
Ahmad mengungkapkan Rosa selalu melaporkan setiap kegiatan kepada MN dan AU, karena kliennya tersebut bawahan keduanya.

Rosa telah menjalani pemeriksaan untuk kasus dugaan korupsi di UNJ pada Senin (13/2) kemarin. dimana diduga kuat ada kaitannya dengan Nazaruddin.

Sebelumnya, KPK merilis 30 kasus lebih yang diduga melibatkan Nazaruddin.

Diantaranya adalah kasus dugaan korupsi pengadaan peralatan laboratorium di beberapa universitas.

Salah satu kasus ada yang ditangani oleh Kejagung, yaitu kasus pengadaan peralatan laboratorium di Universitas Negeri Jakarta (UNJ) tahun 2010.

Sementara kasus yang lainnya adalah kasus pengadaan laboratorium beserta mebel di Universitas Sriwijaya, Palembang tahun 2010; Kasus pengadaan peralatan laboratorium pusat riset dan pengembangan bidang ilmu di Universitas Soedirman, Purwokerto tahun 2010; serta kasus pengadaan peralatan laboratorium di Univeritas Sultan Agung Tirtayasa, Banten.

Penyidikan Kejagung
Penyidik Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Khusus, Kejagung, telah menetapkan dua tersangka dugaan korupsi pengadaan laptop di Universitas Negeri Jakarta, yang diperkirakan merugikan negara Rp5 miliar.

Kedua tersangka tersebut Dr Fakhrudin selaku Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) yang juga menjabat Pembantu Rektor III UNJ dan Ir Tri Mulyono selaku Ketua Panitia Lelang dan dosen Fakultas Teknik UNJ.

Kasus itu berawal dari pengadaan alat laboratorium dan peralatan penunjang laboratorium pendidikan tahun anggaran 2010 di UNJ senilai Rp17 miliar.

Modus yang dilakukan adalah melakukan penggelembungan atau mark up harga dan sebagian jenis barang tidak sesuai dengan kualitas yang diinginkan.

Pemenang tender proyek tersebut adalah PT Marell Mandiri dan yang mengerjakannya adalah PT Anugerah Nusantara.

PT Anugerah merupakan satu konsorsium dengan PT Permai Group dengan koordinatornya adalah Rosa.

Rosa telah divonis oleh Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) 2,5 tahun dalam kasus suap Sesmenpora yang melibatkan bekas Bendahara Umum DPP Partai Demokrat, Nazaruddin.

Penulis: SP/Novianti Setuningsih dan Rizky Amelia/ Didit Sidarta

0Komentar

poling berita

Setujukah Anda terhadap sikap pemerintah yang melegalkan aborsi?

Thanks for being one of the first people to vote. Results will be available soon. Check for results

  1.  
    19 %
    Setuju
    374 respon
  2. 78 %
    Tidak setuju
    1.508 respon
  3.  
    3 %
    Tidak tahu
    64 respon

Total Respon: 1.946
Hasil ini tidak ilmiah. Hasil akan diperbarui tiap menit

Video Berita

Lainnya...
PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft