okezone.com (© Copyright (c) okezone.com 2013, All Rights Reserved)
Updated: Fri, 13 Sep 2013 05:14:39 GMT | By ade.lestarini, okezone.com

Kapal Perang AS-Rusia Berhadapan di Perairan Suriah



Kapal Perang AS-Rusia Berhadapan di Perairan Suriah

MOSKOW _ Kondisi Suriah tetap panas walaupun proses diplomasi sedang berjalan. Rusia dikabarkan kembali mengirim aramada lautnya ke dekat perairan Suriah.

Pengerahan ini disebut sebagai yang terbesar sejak masa Uni Soviet. Sebelumnya, Rusia telah mengirim kapal perang Moskva ke lokasi yang sama. Kapal perang Moskva ditakuti karena dilengkapi dengan rudal vulkan yang dapat menghancurkan musuh berukuran besar.

Armada laut Rusia nantinya akan berhadapan dengan lima kapal perang Amerika Serikat (AS). Kapal perang AS tersebut disiapkan untuk menyerang Suriah jika proses diplomasi gagal.

"Rusia ingin menunjukan bahwa mereka adalah pemain besar dalam isu ini," ujar pejabat Rusia yang tidak disebut namanya, seperti dikutip Guardian, Jumat (13/9/2013).

Namun, sebagian pengamat pesimis kekuatan laut Rusia bisa menang melawan AS. Mereka menyebut kapal perang yang dikirim Rusia ke Suriah mayoritas sudah berumur tua.

"Pengerahan kekuatan laut ini menunjukkan kepentingan Rusia yang besar di Suriah," ujar mantan pejabat militer Rusia, Laksamana Vladimir Komoyedov.

"Sayangnya, yang mereka kirim adalah kapal-kapal tua yang telah berumur lebih dari 30 tahun. Kita butuh kapal yang lebih baru untuk menghadapi AS," lanjutnya.

0Komentar

poling berita

Yakinkah Anda, politik uang pada Pilpres 2014 kali ini makin marak?

Thanks for being one of the first people to vote. Results will be available soon. Check for results

  1. 76 %
    Yakin
    4.521 respon
  2.  
    18 %
    Tidak yakin
    1.047 respon
  3.  
    6 %
    Tidak tahu
    388 respon

Total Respon: 5.956
Hasil ini tidak ilmiah. Hasil akan diperbarui tiap menit

Video Berita

Lainnya...
PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft