okezone.com (© Copyright (c) okezone.com 2013, All Rights Reserved)
Updated: Tue, 07 May 2013 09:41:52 GMT | By fnugraha, okezone.com

Serangan Israel ke Suriah Picu Perang Regional



Serangan Israel ke Suriah Picu Perang Regional

DAMASKUS - Perang saudara yang terjadi di Suriah berubah menjadi konflik regional ketika Israel mengerahkan jet tempurnya untuk mengebom pangkalan militer Suriah pekan lalu. Israel beralasan, serangan itu ditujukan untuk mencegah pelimpahan senjata dari Suriah ke Lebanon.

Selama dua tahun perang Suriah hanya terfokus pada upaya pasukan oposisi yang ingin melengserkan Presiden Bashar Al-Assad dari kekuasaan. Tetapi ada beberapa negara lain yang mendukung kedua pihak yang bertikai.

Assad selama ini didukung oleh pasukan keamanan dan intelijen dari Iran. Selain itu kelompok Hizbullah di Lebanon senantiasa menunjukkan dukungan kepada Assad. Sementara pihak oposisi didukung oleh negara barat seperti Inggris dan Amerika Serikat (AS).

Serta beberapa negara Arab seperti Turki, Arab Saudi dan Qatar juga memberi dukungan kepada Suriah. Mereka mempersenjatai pasukan oposisi Suriah yang melawan pasukan pemerintah.

Kondisi semakin parah ketika Israel melancarkan serangan ke Suriah pekan lalu. Mereka berdalih mengincar pengiriman senjata kepada Hizbullah.

"Serangan ini ditujukan kepada Hizbullah. Selama 20 tahun, Israel tidak melakukan apapun mengenai transfer senjata ke Hizbullah karena Suriah adalah negara kuat. Kini ketika melemah, kondisi pun berubah," ujar pengamat militer Eyal Zisser, seperti dikutip AFP, Selasa (7/5/2013).

Kondisi inilah yang membuat kemungkinan besar perang mengarah pada perang regional yang melibatkan negara-negara di sekitar Suriah. Iran sebelumnya sudah memperingatkan kepada Israel, bahwa Negara Yahudi itu bermain api dengan melakukan penyerangan ke Suriah.

0Komentar

poling berita

Menurut Anda, perlukah pemerintah membayar diyat Satinah yang didenda Rp 21 miliar oleh majikannya di Arab?

Thanks for being one of the first people to vote. Results will be available soon. Check for results

  1.  
    24 %
    Perlu
    2.259 respon
  2. 67 %
    Tidak
    6.119 respon
  3.  
    9 %
    Tidak tahu
    878 respon

Total Respon: 9.256
Hasil ini tidak ilmiah. Hasil akan diperbarui tiap menit

Video Berita

Lainnya...
PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft