okezone.com (© Copyright (c) okezone.com 2013, All Rights Reserved)
Updated: Fri, 01 Feb 2013 04:42:36 GMT | By fnugraha, okezone.com

Al Qaeda Peruncing Konflik Sunni-Syiah di Irak



Al Qaeda Peruncing Konflik Sunni-Syiah di Irak

BAGHDAD _ Kelompok Al Qaeda di Irak mendorong warga Sunni di negara itu untuk mengangkat senjata melawan pihak pemerintah yang dikuasai kelompok mayoritas Syiah. Pernyataan al Qaeda tersebut makin memperkeruh konflik sektarian yang kini sedang terjadi di Irak.

Warga Sunni di Irak telah melakukan aksi anti pemerintah sejak Desember lalu. Mereka menuntut pemerintah untuk menghentikan diskriminasi yang seringkali didapat oleh kaum Sunni di Irak.

"Kalian hanya memiliki dua pilihan, bertekuk lutut kepada pemerintah atau mengangkat senjata dan melawan," ujar juru bicara al Qaeda Abu Mohammed al-Adnani, seperti dikutip Reuters, Jumat (1/2/2013).

Al Qaeda menyatakan, aksi damai tidak akan membuat Pemerintah Irak menuruti tuntutan dari warga Sunni. Kelompok teroris itu pun menyebut Pemerintah Irak memang berniat untuk menindas kelompok Sunni di negara itu.

Perdana Menteri Nuri al-Maliki sendiri menyatakan, pihaknya bersedia untuk mendengarkan tuntutan dari warga Sunni. Namun Maliki memperingatkan warga Sunni untuk tidak terjebak dalam rencana kelompok radikal yang ingin membuat kekacauan di negara tersebut.

Konflik politik yang terjadi di Irak dan Suriah dianggap pengamat meningkatkan pengaruh yang dimiliki Al Qaeda di kawasan tersebut. Sama seperti Irak, Suriah juga dipimpin oleh rezim yang berasal dari aliran Syiah. Rezim Assad yang kini berkuasa di Suriah berasal dari kelompok Alwaiyah yang merupakan bagian dari Syiah.

Al Qaeda berhasil merekrut banyak warga Sunni yang ingin melakukan perlawanan di Suriah. Para militan tersebut diperkirakan nantinya juga dapat digunakan Al Qaeda untuk melakukan pertempuran di Irak.

0Komentar

poling berita

Menurut Anda, perlukah pemerintah membayar diyat Satinah yang didenda Rp 21 miliar oleh majikannya di Arab?

Thanks for being one of the first people to vote. Results will be available soon. Check for results

  1.  
    24 %
    Perlu
    2.384 respon
  2. 67 %
    Tidak
    6.481 respon
  3.  
    9 %
    Tidak tahu
    927 respon

Total Respon: 9.792
Hasil ini tidak ilmiah. Hasil akan diperbarui tiap menit

Video Berita

Lainnya...
PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft