okezone.com (© Copyright (c) okezone.com 2012, All Rights Reserved)
Updated: Thu, 27 Dec 2012 04:28:44 GMT | By fnugraha, okezone.com

Badai Salju Melanda, AS Tetapkan Status Darurat



Badai Salju Melanda, AS Tetapkan Status Darurat

CHICAGO - Badai yang melanda Amerika Serikat (AS) menyebabkan tujuh orang warga dilaporkan tewas. Badai ini juga memaksa 200 ribu warga hidup tanpa pasokan listrik. Mississippi dan Alabama menyatakan, wilayah mereka dalam keadaan darurat.

Badai salju tersebut menyebabkan sebagian besar warga AS membatalkan rencana liburannya. Mereka lebih memilih untuk tinggal di rumah dibandingkan harus menghadapi angin kencang dan temperatur dingin yang disertai jalanan yang berbahaya.

Hingga kini lebih dari 200 ribu warga terpaksa hidup tanpa aliran listrk, karena badai juga merusak tiang listrik. Pihak Dinas Cuaca Nasional mengatakan, salju setebal 46 centimeter menutupi wilayah New York hingga North Carolina.

Sementara wilayah seperti Albion, Illinois sudah ditutupi salju hingga 47 centimeter. Sementara salju telah menutupi wilayah Pennsylvania hingga 38 centimeter, yang disertai pula dengan curah hujan lebat yang terus turun.

Kondisi jalanan yang licin turut memicu terjadinya kecelakaan. Kepolisian Indiana mengaku mendapatkan laporan 159 insiden kecelakaan terjadi, termasuk pula di antaranya kecelakaan beruntun.

Lalu lintas penerbangan juga menjadi korban akibat cuaca buruk ini. Dilaporkan sekira 2.000 penerbangan terpaksa dibatalkan akibat badai salju yang terus menerus turun.

"Kami terpaksa membatalkan banyak penerbangan karena kuatnya angin yang berhembus. Selain itu, angin pun berhembus tidak searah dengan landasan penerbangan," ujar Kepala FlightAware Daniel Baker, seperti dikutip Associated Press, Kamis (27/12/2012).

Sementara Gubernur Mississippi dan Gubernur Alabama telah menyatakan wilayah mereka dalam kondisi darurat. Lebih dari 200 ribu warga hidup dalam kegelapan, saat badai menghantam gardu listrik di Arkansas, Mississippi dan Texas.

Dua anak-anak tewas setelah ibunya tidak mampu mengendalikan mobil yang mereka tumpangi, ketika melintasi jalanan yang licin di Arkansas. Satu orang lainnya dinyatakan tewas, akibat dihujam badai.

Oklahoma juga menjadi wilayah yang dilanda badai. Dua perempuan dilaporkan tewas dalam kecelakaan terpisah di wilayah tersebut. Sementara satu orang pria di Louisiana dan Texas juga tewas akibat kecelakaan mobil.

0Komentar

poling berita

Yakinkah Anda, politik uang pada Pilpres 2014 kali ini makin marak?

Thanks for being one of the first people to vote. Results will be available soon. Check for results

  1. 76 %
    Yakin
    4.770 respon
  2.  
    18 %
    Tidak yakin
    1.118 respon
  3.  
    6 %
    Tidak tahu
    411 respon

Total Respon: 6.299
Hasil ini tidak ilmiah. Hasil akan diperbarui tiap menit

Video Berita

Lainnya...
PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft