okezone.com (© Copyright (c) okezone.com 2012, All Rights Reserved)
Updated: Thu, 14 Jun 2012 15:54:51 GMT | By fnugraha, okezone.com

Kekurangan Pangan Tambah Kesulitan Myanmar



Kekurangan Pangan Tambah Kesulitan Myanmar

SITTWE - Kondisi Myanmar saat ini tengah menjadi perhatian dunia. Bukan hanya karena reformasi yang berjalan, tetapi juga kerusuhan antar etnis yang baru terjadi.

Konflik yang terjadai antara etnis Rakhine dengan etnis Rohingya di wilayah Rakhine, menyebabkan 21 orang tewas dan 1.600 lainnya terpaksa meninggalkan rumah mereka. Insiden ini disebut sebagai konflik antar etnis paling buruk yang pernah terjadi di Myanmar.

Di wilayah Sittwe prajurit militer dan polisi berpatroli memperingatkan warga untuk tetap berada di rumah. Ini sejalan dengan status darurat militer yang diterapkan oleh pemerintah, usai kerusuhan terjadi.

Tetapi saat ini masalah baru justru muncul mengancam. Kekhawatiran terjadinya aksi kekerasan yang baru, telah menganggu jalur bus dan kapal feri yang membawa kargo bahan makanan dari Yangon menuju Sittwe. Pasokan yang terbatas membuat harga melambung tinggi.

"Makanan saat ini sangat sulit. Jikapun ada, harganya pasti mahal," ujar seorang warga di wilayah Khin Thazin, seperti dikutip Associated Press, Kamis (14/6/2012).

Kondisi sulit tersebut juga memaksa bank, toko-toko dan sekolah serta pasar tradisional ditutup. Penutupan jalur sudah dilakukan beberapa hari lalu. Namun menurut seorang manajer dari perusahaan kapal feri, pasokan makanan akan kembali lancar tidak lama lagi.

Presiden Thein Sein sebelumnya sudah memperingatkan kekerasan yang terjadi saat ini, bisa membuat reformasi menuju ke arah demokrasi makin terancam. Atas alasan ini, Thein Sein menerapkan status darurat di wilayah yang terkena imbas kerusuhan.

0Komentar

poling berita

Setujukah Anda terhadap sikap pemerintah yang melegalkan aborsi?

Thanks for being one of the first people to vote. Results will be available soon. Check for results

  1.  
    19 %
    Setuju
    353 respon
  2. 78 %
    Tidak setuju
    1.449 respon
  3.  
    3 %
    Tidak tahu
    61 respon

Total Respon: 1.863
Hasil ini tidak ilmiah. Hasil akan diperbarui tiap menit

Video Berita

Lainnya...
PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft