Fri, 25 Jan 2013 02:05:43 GMT | By MULA-ANTARA

Tradisi Telur Hias Warnai Peringatan Maulid Nabi

Maros (ANTARA) - Tradisi hidangan telur hias dan aneka lauk-pauk mewarnai peringatan maulid Nabi Muhammad SAW di Kabupaten Maros dan sekitarnya.


Tradisi Telur Hias Warnai Peringatan Maulid Nabi

Maros (ANTARA) - Tradisi hidangan telur hias dan aneka lauk-pauk mewarnai peringatan maulid Nabi Muhammad SAW di Kabupaten Maros dan sekitarnya.

"Tradisi ini masih tetap terjaga sebagai lambang solidaritas dan kebersamaan dalam memperingati maulid Nabi Muhammad SAW," kata Panitia Maulid Daeng Sahaka di Masjid Nurul Ittihad di Kecamatan Lau, Kabupaten Maros, Sulsel, Kamis.

Menurut dia, pada peringatan maulid yang dipusatkan di masjid setempat, rata-rata setiap keluarga membawa ember berisi makanan, buah-buahan dan bagian atasnya diberikan telur rebus yang telah diberi pewarna dan hiasan.

Setelah shalat dhuhur berjamaah, imam masjid memimpin doa dan dzikir. Kemudian makanan yang dibawa itu dibagikan ke masing-masing kepala keluarga dengan menukarkan terlebih dahulu.

"Jadi, tidak ada keluarga yang mendapatkan makanannya sendiri, karena telah saling ditukarkan," katanya.

Penukaran makanan itu, lanjut dia, dimaksudkan untuk mengikhlaskan siapapun makanan yang diterima. Sementara yang tidak memiliki kemampuan dari segi ekonomi untuk membawa makanan ke masjid, tetap akan menerima makanan dari pihak panitia masjid.

Hal itu dibenarkan salah seorang warga Kelurahan Allepolea, Kecamatan Lau, Kabupaten Maros, Sulsel Daeng Tonji.

Dia mengatakan, biasanya keluarga yang terbilang berkecukupan dari segi ekonomi membawa dua atau tiga ember makanan dan telur hias ke masjid.

"Namun hanya akan menerima satu ember saja dari pihak panitia, sehingga kelebihan ember yang dibawa itu akan diberikan pada keluarga yang kurang mampu," katanya.

Tradisi seperti itu juga dilakukan di daerah lainnya di Sulsel diantaranya Kabupaten Pangkep, Gowa, Takalar dan Jeneponto. (ar)

0Komentar
Lihat Wajah Baru MSN. Klik di sini!

poling berita

Setujukah Anda terhadap sikap pemerintah yang melegalkan aborsi?

Thanks for being one of the first people to vote. Results will be available soon. Check for results

  1.  
    17 %
    Setuju
    1.620 respon
  2. 79 %
    Tidak setuju
    7.313 respon
  3.  
    4 %
    Tidak tahu
    388 respon

Total Respon: 9.321
Hasil ini tidak ilmiah. Hasil akan diperbarui tiap menit

Video Berita

Lainnya...

Berita Internasional

PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft