Fri, 18 Jan 2013 10:30:54 GMT | By MULA-ANTARA

Perjalanan Kereta Jarak Jauh Alami Keterlambatan

Jakarta (ANTARA) - Sebagian besar perjalanan kereta jarak jauh dari Stasiun Pasar Senen ke arah timur, meliputi Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur, mengalami keterlambatan.


Perjalanan Kereta Jarak Jauh Alami Keterlambatan

Jakarta (ANTARA) - Sebagian besar perjalanan kereta jarak jauh dari Stasiun Pasar Senen ke arah timur, meliputi Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur, mengalami keterlambatan.

Pantauan ANTARA di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Jumat pagi, menunjukkan, keberangkatan perjalanan sejumlah kereta berbagai tujuan mengalami keterlambatan dari mulai 30 menit hingga hampir dua jam.

Kereta Api Kutojaya, dari Stasiun Pasar Senen tujuan Kutoarjo, semestinya berangkat pukul 06.00 WIB baru diberangkatkan pukul 07.30 WIB.

Sementara Kereta Api Fajar Utama (Pasar Senen-Yogyakarta) yang seharusnya berangkat pukul 6.50 WIB baru diberangkatkan pukul 08.15 WIB.

Kereta Gajah Wong tujuan Yogyakarta bahkan mengalami keterlambatan yang lebih lama mencapai satu jam 40 menit karena rangkaian bahkan baru sampai di Stasiun Pasar Senen pukul 08.30 WIB.

Kereta itu, akhirnya diberangkatkan pada pukul 09.30 WIB menuju Yogyakarta.

Padahal kereta itu seharusnya diberangkatkan menuju Yogyakarta pada pukul 07.50 WIB.

Selama banjir melanda, hampir seluruh kereta dari arah timur mengakhiri perjalanannya di Stasiun Pasar Senen.

Sebab Stasiun Jakarta Kota kini ditutup karena banjir yang menggenangi kawasan tersebut.

Stasiun Tanah Abang juga serupa, ditutup lantaran air banjir menggenangi wilayah stasiun sehingga tak bisa dilewati kereta, akibatnya beberapa kereta yang biasanya mengakhiri perjalanan di stasiun tersebut beralih ke Stasiun Pasar Senen.

Sebelumnya, PT Kereta Api Indonesia (PT KAI) (Persero) menyatakan sampai saat ini belum ada pembatalan perjalanan secara resmi untuk kereta jarak jauh dari arah Jakarta ke berbagai tujuan di Jawa Barat, Jawa Tengah, DIY, hingga Jawa Timur, akibat banjir yang melanda ibu kota.

"Sampai saat ini belum ada pembatalan untuk kereta jarak jauh, semua masih beroperasi normal," kata Kepala Humas Daop I PT KA, Mateta Rijalulhaq.

Ia mengatakan, semua perjalanan kereta masih beroperasi normal sampai saat ini meskipun ada sejumlah stasiun yang relnya terendam banjir.

Namun, ia memastikan, belum ada kendala teknis yang berarti yang menghambat perjalanan kereta jarak jauh akibat banjir yang melanda Jakarta.

"Kami juga belum mengalihkan stasiun-stasiun keberangkatan yang terdampak banjir, karena semua masih terkendali," katanya.

Ia mencontohkan, pemberangkatan sejumlah kereta jarak jauh seperti Kereta Gajah Wong atau Kereta Bogowonto untuk rute Stasiun Pasar Senen-Yogyakarta tetap diberangkatkan dari Stasiun Pasar Senen.

Akses menuju stasiun tersebut yang lumpuh di beberapa titiknya, belum menjadi pertimbangan BUMN itu untuk mengalihkan keberangkatan kereta misalnya ke Stasiun Manggarai.

"Sulit kalau dialihkan ke Stasiun Manggarai, karena kondisi di sana saat ini juga sudah sangat padat karena KRL juga dioperasikan hanya sampai Manggarai saat ini," katanya.

Penyesuaian jadwal atau jam keberangkatan juga akan dilakukan tergantung situasi dan kondisi yang berkembang di lapangan, demikian Mateta.(tp)



0Komentar

poling berita

Setujukah Anda terhadap sikap pemerintah yang melegalkan aborsi?

Thanks for being one of the first people to vote. Results will be available soon. Check for results

  1.  
    19 %
    Setuju
    182 respon
  2. 77 %
    Tidak setuju
    727 respon
  3.  
    4 %
    Tidak tahu
    36 respon

Total Respon: 945
Hasil ini tidak ilmiah. Hasil akan diperbarui tiap menit

Video Berita

Lainnya...

Berita Internasional

PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft