Sun, 12 Aug 2012 15:01:54 GMT | By MULA-ANTARA

Menhub: Penumpang Kereta Api Naik 16 Persen

Jakarta (ANTARA) - Menteri Perhubungan EE Mengindaan memperkirakan ada kenaikan sekitar 16 persen untuk penumpang kereta api di wilayah Jabotadebek angkutan mudik 2012.


Menhub: Penumpang Kereta Api Naik 16 Persen

Jakarta (ANTARA) - Menteri Perhubungan EE Mengindaan memperkirakan ada kenaikan sekitar 16 persen untuk penumpang kereta api di wilayah Jabotadebek angkutan mudik 2012.

"Saya prediksi ada kenaikan sekitar 16 persen untuk angkutan mudik tahun ini," kata EE Mangindaan, usai membuka Apel siaga angkutan Lebaran di Stasiun Pasarsenen Jakarta Pusat, Minggu.

Dengan adanya kenaikan tersebut, katanya, maka pihak KAI telah mempersiapkan 49 kereta reguler, 11 kereta api lebaran dan meluncurkan tiga kereta baru kelas ekonomi AC pada 14 Agustus 2012 .

"Jika masih ada lonjakan penumpang dan pihak kereta api melakukan pembatasan sesuai dengan tempat duduk untuk semua kereta kami juga telah mempersiapkan armada lain untuk mengantisipasinya," kata Mangindaan.



Beda perkiraan



Pernyataan Menhub ini berbeda dengan Humas PT KAI Daerah Operasi I, Mateta Rizalulhaq yang menyatakan bahwa penumpang arus mudik 2012 ini diperkirakan turun 19 persen.

"Dengan adanya pembatasan penumpang sesuai dengan jumlah tempat duduk, maka diperkirakan turun 19 persen dibanding tahun lalu," kata Mateta.

Dia mengemukakan pihak KAI pada tahun lalu masih memperbolehkan menjual tiket berdiri, sehingga rata-rata penumpang yang diangkut mencapai 34 ribu orang per hari.

"Pada tahun ini dengan kebijakan pembatasan penumpang akan turun menjadi 28 ribu per hari. Jika ditambah kereta baru yang akan dioperasikan pada H-7 maksimal sekitar 30 ribu orang. Jadi masih ada penurunan sekitar 4 ribu per hari," jelasnya.

Mateta mengatakan dengan kebijakan yang diterapkan ini akan lebih "manusiawi" dibanding tahun-tahun sebelumnya yang harus berdesak-desakan. (jk)

0Komentar

poling berita

Yakinkah Anda, politik uang pada Pilpres 2014 kali ini makin marak?

Thanks for being one of the first people to vote. Results will be available soon. Check for results

  1. 75 %
    Yakin
    5.136 respon
  2.  
    18 %
    Tidak yakin
    1.242 respon
  3.  
    7 %
    Tidak tahu
    453 respon

Total Respon: 6.831
Hasil ini tidak ilmiah. Hasil akan diperbarui tiap menit

Video Berita

Lainnya...
PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft