Sun, 12 Aug 2012 14:01:02 GMT | By MULA-ANTARA

Fraksi Gerindra Minta Pemerintah Bangun Depo Arsip

Kupang (ANTARA) - Fraksi Gerindra DPRD NTT meminta Pemerintah Provinsi NTT segera membangun depo arsip untuk pusat pengelolaan dan penyimpanan arsip yang merupakan tulang punggung manajemen pemerintahan dan bahan pertanggungjawaban nasional.


Fraksi Gerindra Minta Pemerintah Bangun Depo Arsip

Kupang (ANTARA) - Fraksi Gerindra DPRD NTT meminta Pemerintah Provinsi NTT segera membangun depo arsip untuk pusat pengelolaan dan penyimpanan arsip yang merupakan tulang punggung manajemen pemerintahan dan bahan pertanggungjawaban nasional.



"Untuk menyelamatkan dan pelestarian arsip, Fraksi Gerindra meminta pemerintah memiliki data elektronik yang tersimpan dengan baik melalui pembangunan depo arsip," kata Sekretaris Fraksi Gerindra DPRD NTT, Markus Imanuel Nubatonis di Kupang, Minggu.

Permintaan itu menurut dia sudah disampaikan Fraksi Gerindra melalui pendapat akhir terhadap pertanggungjawaban pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) NTT Tahun Anggaran 2011 pada Sidang Paripurna DPRD NTT belum lama ini.

Ia mengatakan data obyek pajak dan sumbyek pajak hingga kini belum secara lengkap dan transparan dilaporkan oleh pemerintah, kendati untuk pencatatan dan pelaporanya sudah ditopang dengan anggaran APBD.

"Kebakaran gedung kantor yang memusnahkan dokumen menjadi alasan pemerintah, namun itu justru menampilkan kelemahan dalam manajemen data dan informasi," kata Markus Imanuel Nubatonis politisi asal Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS).

Karena itu, kata dia menegaskan Fraksi Gerindra meminta pemerintah untuk segera membangun depo arsip untuk menyimpan data atau arsip dengan baik.

Secara terpisah Kepala Badan Arsip NTT, Florianus Mekeng mengatakan kondisi Badan Arsip NTT belum optimal melaksanakan tugas pokok dan fungsinya karena tidak memiliki depo arsip sehingga Arsip Inaktif dan Arsip Statis yang telah diakuisisi di Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dititip lagi untuk disimpan di SKPD yang bersangkutan.

Menurut dia dalam rangka penyelamatan dan pelestarian Arsip Inaktif yang masih bernilai guna dan Arsip Statis yang bernilai permanen, kini Pemerintah Provinsi NTT tengah mengupayakan pembangunan depo arsip.

"Depo arsip dibangun untuk pusat pengelolaan dan penyimpanan arsip yang merupakan tulang punggung manajemen pemerintahan dan bahan pertanggungjawaban nasional," kata Florianus Mekeng.

Ia menjelaskan pada tanggal 8 Februari 2012 Gubernur NTT telah mengusulkan pembangunan depo arsip kepada Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas di Jakarta berupa pembangunan depo arsip seluas 5000 meter persegi dengan pembiayaan dari Pemerintah Pusat melalui APBN dengan nilai sekitar Rp35,360 miliar lebih.

"Usulan tersebut sampai dengan saat ini belum ada tanggapan dari Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional," ujarnya.

Ia menambahkan, pada tanggal 9 juli 2012 Gubernur NTT mengirim surat kepada Kepala Arsip Nasional Republik Indonesia di jakarta mohon dukungan koordinasi dengan instansi terkait untuk memperhatikan usul tersebut agar di NTT dapat terlaksana pembangunan depo arsip.

Florianus Mekeng yang juga mantan Staf Ahli Bidang Politik Sekretariat Daerah NTT menjelaskan pada tahun 2010, 2011 dan 2012 pihaknya telah mengusulkan pembangunan fisik depo arsip sesuai dengan output perencanaan yang dihasilkan, dengan alokasi dana bersusmber pada APBD NTT dengan sistem multiyears.

"Namun karena keterbatasan dana APBD, maka usulan itu dipending untuk sementara dan disarankan agar dapat mencari solusi pembiayaan pemebangunan depo arsip dari alokasi dana yang bersumber dari APBN," katanya. (jk)

0Komentar

poling berita

Menurut Anda, perlukah pemerintah membayar diyat Satinah yang didenda Rp 21 miliar oleh majikannya di Arab?

Thanks for being one of the first people to vote. Results will be available soon. Check for results

  1.  
    24 %
    Perlu
    2.341 respon
  2. 67 %
    Tidak
    6.375 respon
  3.  
    9 %
    Tidak tahu
    912 respon

Total Respon: 9.628
Hasil ini tidak ilmiah. Hasil akan diperbarui tiap menit

Video Berita

Lainnya...

Berita Internasional

PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft