Tue, 22 Oct 2013 14:00:00 GMT

Aceh Diguncang Gempa 5,6 SR, Warga Berhamburan Keluar Rumah

Pusat gempa berada di 16 km barat daya Kabupaten Aceh Besar, atau 32 km tenggara Kota Banda Aceh.


Aceh diguncang gempa (© Merdeka)

Merdeka.com - Aceh kembali diguncang gempa berkekuatan 5,6 SR. Gempa berada di kedalaman 10 km. Pusat gempa berada di 16 km barat daya Kabupaten Aceh Besar, atau 32 km tenggara Kota Banda Aceh.

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika melaporkan, gempa terjadi sekitar pukul 12.40 WIB. Sumber gempa berasal dari sesar Sumatera. Gempa tidak berpotensi tsunami.

Saat gempa terjadi, seluruh staf dan anggota Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA) sedang menunaikan Salat Zuhur. Kendati ada gempa, semua jamaah tidak membubarkan salat. "Saya pikir pening tadi waktu salat," kata salah seorang pegawai DPRA di Aceh, Selasa (22/10).

Gempa juga dirasakan di Kecamatan Tangse, Kabupaten Pidie. Gempa yang dirasakan di Tangse jauh lebih kencang. "Kencang sekali terasa gempa tadi," kata salah seorang warga Tangse, Nora saat dihubungi merdeka.com.

Terpisah, BNPB melaporkan gempa dirasakan kuat oleh masyarakat selama 8-10 detik. Masyarakat panik dan berhamburan ke luar rumah. Belum ada laporan kerusakan. Saat ini, masyarakat telah kembali tenang dan normal aktivitasnya.

Berdasarkan peta guncangan gempa, di pusat gempa memiliki intensitas VI MMI (kuat) sedangkan di sekitarnya berintensitas IV-V MMI (ringan hingga sedang). BPBD Aceh Besar masih melakukan pemantauan dampak gempa.

"Masyarakat diimbau untuk selalu meningkatkan kewaspadaan terkait ancaman gempa. Gempa bumi bersifat mendadak. Belum ada sistem peringatan dini gempa. Kemampuan Indonesia mendeteksi gempa adalah lima menit setelah kejadian gempa, baik kekuatan, kedalaman, dan lokasi gempa bumi," kata Sutopo.
 

[cob]

1Komentar
22 Okt, 2013 17:21
avatar

BUNDA....PUTRI.....BISA..MEMBANTU.....BENCANA...GEMPA....INI....

............................ PERCAYA..LAH..... POKOK....BERES..........

Laporkan
Bantu kami untuk menjaga lingkungan yang stabil dan sehat dengan melaporkan segala jenis kegiatan ilegal dan tidak sesuai. Jika Anda merasa ada pesan yang melanggarAturan dasarharap isi formulir ini untuk memberitahu moderator. Moderator akan memeriksa laporan Anda dan mengambil tindakan yang dianggap perlu. Jika diperlukan, segala tindakan ilegal akan dilaporkan kepada pihak berwajib.
Kategori
Batas karakter 100
Anda yakin hendak menghapus komentar ini?

poling berita

Menurut Anda, perlukah pemerintah membayar diyat Satinah yang didenda Rp 21 miliar oleh majikannya di Arab?

Thanks for being one of the first people to vote. Results will be available soon. Check for results

  1.  
    25 %
    Perlu
    1.928 respon
  2. 66 %
    Tidak
    5.136 respon
  3.  
    9 %
    Tidak tahu
    717 respon

Total Respon: 7.781
Hasil ini tidak ilmiah. Hasil akan diperbarui tiap menit

video berita

PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft