Republika Online
Updated: Tue, 19 Feb 2013 12:22:38 GMT

Tengkorak 'Alien' Ditemukan di Meksiko



Tengkorak 'Alien' Ditemukan di Meksiko

Tengkorak 'Alien' Ditemukan di Meksiko

REPUBLIKA.CO.ID, SONORA -- Arkeolog menemukan tengkorak yang berbentuk kerucut seperti alien dalam kuburan berusia seribu tahun di Meksiko. Tengkorak yang berasal dari 945 Masehi hingga 1308 Masehi tersebut ditemukan secara tidak sengaja saat menggali sistem irigasi di barat laut Sonora di Meksiko.

Cristina Garcia Moreno yang bekerja pada proyek Universitas Negeri Arizona menjelaskan ada 13 dari 25 tengkorak yang ditemukan memiliki bentuk kepala kerucut. "Kami tidak mengetahui mengapa populasi ini memiliki bentuk lain dalam kepalanya," ujarnya seperti dilansir ABC News.

Lokasi penemuan yang dikenal dengan El Cementerio ditemukan pada 1999. Namun, tim peneliti baru selesai mengenalisis semua sisa kuburan pada November 2012.

Mereka berencana melanjutkan penelitian musim depan. Arkeolog juga menemukan artefak di situs tersebut seperti liontin, cincin hidung, dan perhiasan.

Mereka mengatakan deformasi (perubahan bentuk) tengkorak manusia merupakan bagian dari ritual kuno yang terjadi seribu tahun lalu. Deformasi dilakukan dengan mengikat kepala seseorang antara dua balok kayu untuk menekan tengkorak.

"Deformasi digunakan masyarakat yang berbeda di dunia sebagai praktik ritual atau untuk membedakan status dalam suatu kelompok atau kelompok sosial, " ungkap Moreno.

Meski demikian, alasan mengapa orang-orang di El Cementerio memiliki bentuk tengkorak kerucut belum diketahui. Tim mengatakan banyak tulang yang digali merupakan milik anak-anak.

Pemimpin tim tersebut percaya deformasi tengkorak mungkin merupakan tindakan berbahaya hingga menewaskan mereka. Chinook dari Northwest AS dan Choctaw dari Tenggara AS juga dikenal memiliki ritual deformasi tengkorak.

Moreno mengatakan orang-orang dengan kepala kerucut di Meksiko ingin membedakan diri dari orang lain. Kemungkinan, mereka juga ingin membedakan diri dari satu kelompok dari kelompok lainnya. n Nur Aini

1Komentar
Laporkan
Bantu kami untuk menjaga lingkungan yang stabil dan sehat dengan melaporkan segala jenis kegiatan ilegal dan tidak sesuai. Jika Anda merasa ada pesan yang melanggarAturan dasarharap isi formulir ini untuk memberitahu moderator. Moderator akan memeriksa laporan Anda dan mengambil tindakan yang dianggap perlu. Jika diperlukan, segala tindakan ilegal akan dilaporkan kepada pihak berwajib.
Kategori
Batas karakter 100
Anda yakin hendak menghapus komentar ini?

poling berita

Yakinkah Anda, politik uang pada Pilpres 2014 kali ini makin marak?

Thanks for being one of the first people to vote. Results will be available soon. Check for results

  1. 76 %
    Yakin
    4.521 respon
  2.  
    18 %
    Tidak yakin
    1.047 respon
  3.  
    6 %
    Tidak tahu
    388 respon

Total Respon: 5.956
Hasil ini tidak ilmiah. Hasil akan diperbarui tiap menit

video berita

lainnya...

Berita Teknologi

PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft